Follow Us

Calon Mahasiswa Siap-Siap, Ini Tambahan Materi untuk Ujian UTBK 2022

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 12 Desember 2021 | 08:43
Pengumuman UTBK
LTMPT

Pengumuman UTBK

HAI-Online.com – Pelajar kelas 12 yang pengen melanjutkan ke perguruan tinggi negeri harus udah mulai siap-siap nih buat ikutan seleksi masuk.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penerimaan mahasiswa baru 2022 juga akan dilakukan melalui 3 jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), serta jalur mandiri.

Secara garis besar, ketentuan penerimaan mahasiswa baru PTN 2022 sebagian besar sama seperti tahun 2021.

Nah, yang membedakan dari tahun sebelumnya adalah terkait jadwal dan materi ujian Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN.

Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Dr Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, materi tes pada UTBK tahun ini meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, Tes Kemampuan Akademik (TKA), dan Tes Kompetensi Akademik.

"Materi tesnya ada tambahan materi. Jadi ada Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, Tes Kemampuan Akademik (TKA), dan Tes Kompetensi Akademik," ujar Budi dalam acara Sosialisasi Daring: Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022 via YouTube, Sabtu (11/12/2021).

Baca Juga: Jangan sampai Kelewat, Ini 12 Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2022

Biar lebih paham, yuk simak penjelasan masing-masing materi tesnya.

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Materi Matematika Dasar.

Halaman Selanjutnya

2. Tes Bahasa Inggris
1 2 3

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest