Follow Us

Inilah Narkoba Jenis Baru LSD yang Dikonsumsi Aktor Jeff Smith, Benarkah Pernah Jadi Inspirasi Lagu The Beatles?

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 10 Desember 2021 | 11:05
Jeff Smith kembali terjerat kasus narkoba, yang kali ini berjenis LSD.
Arie Puji Waluyo/Warta Kota

Jeff Smith kembali terjerat kasus narkoba, yang kali ini berjenis LSD.

HAI-Online.com – Aktor Tanah Airt Jeff Smith kembali terjerat kasus narkoba. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Jeff mengonsumsi narkotika jenis Lysergic Acid Diethylamide (LSD).

Sebenarnya apa sih narkotika jenis LSD itu?

Melansir laporan Kompas.com pada Kamis (9/12/2021), Zulpan mengatakan bahwa LSD ini memang narkotika jenis baru dan masuk dalam kategori golongan satu.

"LSD yang diamankan ada dua, tetapi LSD yang sudah dipesan yang bersangkutan (Jeff Smith) sebanyak 50 (lembar)," kata Zulpan, dalam jumpa pers di Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya.

Zulpan menjelaskan, cara pemakaiannya ditempelkan di lidah. Sedangkan dampak yang ditimbulkan dari LSD sama seperti penggunaan narkotika yang lain seperti halusinasi dan sebagainya.

“Ini adalah narkotika yang sangat berbahaya, yang dikategorikan ke dalam narkotika golongan 1," ujar Zulpan.

Baca Juga: Ahmad Dhani Ngaku Pernah Nyoba Pakai Narkoba, Alasannya Biar Kompak sama Personel Dewa 19 Lain!

Sementara itu terkait kasus narkoba Jeff Smith ini, peneliti dan Pakar Adiksi dari Mental Health Addiction and Neuroscience Jakarta, dr Hari Nugroho MSc, justru mengungkapkan bahwa LSD bukanlah narkotika jenis baru.

"LSD narkoba jenis halusinogen, dan ini sudah lama sekali, bukan narkoba jenis baru," kata dr Hari saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/12/2021).

Dr Hari mengatakan bahwa narkoba jenis LSD seperti yang dikonsumsi artis peran Jeff Smith, sudah dipakai sejak era the Beatles.

Salah satu lagu band rock asal Inggris tersebut yang berjudul ‘Lucy in the Sky with Diamond’ bahkan pernah dilarang diputar di BBC karena diduga membawa pesan terselubung LSD. Meski pada akhirnya John Lennon menolak tuduhan tersebut dan menganggap hal itu lelucon.

"Memang ada narkoba jenis baru yang mirip LSD (narkoba yang dikonsumsi Jeff Smith), namanya N-Bome, tepatnya 25I-NBoMe," ungkap dr Hari.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest