Follow Us

Inilah 6 Hewan dengan Usia Terpendek, Ada yang Cuma Hidup 24 Jam Doang

Ferry Budi Saputra - Jumat, 03 Desember 2021 | 14:05
Ilustrasi Capung
pixabay.com

Ilustrasi Capung

HAI-Online.com - Banyak hewan-hewan di dunia yang memiliki keunikan yang beragam. Salah satunya ada hewan unik yang usianya nggak bisa panjang, alias hanya memiliki usia yang pendek.

Kira-kira hewan apa aja sih yang mempunyai usia terpendek? Melansir Kompas.com, informasi dari laman Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat, berikut ini 6 hewan yang memiliki usia terpendek:

Baca Juga: Nggak Cuma Manusia, Monyet Salju di Jepang Ini Ternyata Juga Hobi Mancing!

1. Lalat capung atau mayfly (24 jam)

Lalat capung atau mayfly merupakan hewan yang memiliki usia terpendek di dunia. Serangga ini hanya mampu hidup selama 24 jam.

Lalat capung menghabiskan waktu hidupnya sebagai nimfa atau larva yang baru menetas dan sisa hidup yang dia miliki hanya digunakan untuk bereproduksi.

Ketika dewasa, namanya berubah menjadi Imago dan tujuan hidupnya hanya untuk bereproduksi. Sebab setelah itu mereka akan mati dalam waktu 24 jam. Rekor waktu mati lalat capung dewasa setelah bereproduksi ialah 5 menit.

2. Gastrotricha (3 hari)

Gastrotricha merupakan hewan mikroskopis dengan ukuran 0,06 hingga 3,0 mm. Bentuknya mirip cacing, dan biasa ditemukan di air tawar dan lingkungan laut. Tubuhnya transparan, dan hewan yang berenang mengikuti arus hanya bertahan hidup selama 3 hari saja.

3. Nyamuk (10-15 hari)

Nyamuk yang sering dijumpai sehari-hari ternyata juga memiliki umur yang pendek. Nyamuk jantan hanya berusia sekitar 10 hari. Sedangkan nyamuk betina berusia lebih panjang. Ternyata nih, nyamuk betina lah yang menghisap darah, sementara nyamuk jantan mengonsumsi madu layaknya lebah.

Baca Juga: Mengenal Profesi Animal Communicator, Ternyata Bisa Dipelajari Semua Orang Lho!

Halaman Selanjutnya

4. Semut pejantan (2 minggu)
1 2

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest