Follow Us

Varian Omicron Jadi Sorotan Dunia, Inilah 5 Hal yang Perlu Diketahui

Ferry Budi Saputra - Kamis, 02 Desember 2021 | 11:57
ilustrasi varian baru covid-19

ilustrasi varian baru covid-19

HAI-Online.com - Varian Omicron B.1.1.529 akhir-akhir ini menyita perhatian, bukan hanya di dunia tetapi juga di Indonesia. Varian Omicron adalah varian baru virus corona penyebab Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan.

Diketahui varian Omicron saat ini diketahui telah menyebar di banyak negara di luar Afrika Selatan, termasuk di negara Eropa. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 26 November 2021 telah menetapkan varian Omicron sebagai variant of concern (VoC) atau varian yang mengkhawatirkan.

Baca Juga: 5 Cara Unik Hewan Mempertahankan Diri, Salah Satunya dengan 'Meledak'!

Nah, ada yang perlu kalian ketahui tentang varian baru ini. Selain sifatnya yang mudah menyebar, ternyata ada faktor lain lagi sehingga varian ini ditetapkan sebagai VoC. Melansir Kompas.com, informasi dari laman WHO, berikut ini hal-hal yang sudah diketahui dari varian Omicron.

1. Tingkat penularan

Hingga kini belum bisa dipastikan apakah varian Omicron lebih menular atau lebih mudah menyebar dari orang ke orang dibandingkan varian lain, termasuk Delta.

Jumlah orang yang dites positif Covid-19 telah meningkat di wilayah Afrika Selatan yang terdampak varian ini, tetapi studi epidemiologi sedang dilakukan untuk memahami apakah itu karena Omicron atau faktor lainnya.

2. Tingkat keparahan

Belum dapat dipastikan apakah infeksi Covid-19 akibat varian Omicron, dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan infeksi dari varian lain, termasuk Delta.

Awalnya memang ada peningkatan tentang tingkat rawat inap di Afrika Selatan. Sejauh ini belum ada informasi yang menunjukkan bahwa gejala yang terkait dengan Omicron berbeda dari varian lainnya.

Baca Juga: Inilah 5 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak, Bisa sampai Belasan!

3. Potensi reinfeksi

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest