Follow Us

Bukan Cuma Angklung, 5 Alat Musik Tradisional Ini Juga Berasal dari Jawa Barat

Ferry Budi Saputra - Selasa, 16 November 2021 | 19:05
Calung
Indonesiakaya.com

Calung

HAI-Online.com - Tiap daerah di Indonesia memiliki alat musik khasnya sendiri. Salah satu daerah yang memiliki alat musik tradisional, adalah Jawa Barat.

Ngomongin soal alat musik tradisional Jawa Barat pasti kalian langsung nyebut angklung kan. Nah, tapi tau nggak sih kalian ternyata nggak cuma angklung aja nih, ternyata ada banyak alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat lho.

Baca Juga: Swipe Night: Killer Weekend dari Tinder Bikin Interaksi dengan Calon Match Jadi Lebih Seru!

Buat kalian yang penasaran apa aja alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat, langsung aja cek di bawah ini ya (dilansir Kompas.com dari Instagram Disdik Jawa Barat).

1. Tarawangsa

Tarawangsa merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara digesek. Ternyata tarawangsa merupakan salah satu alat musik Sunda usianya sudah cukup tua.

Alat musik ini telah tercatat dalam naskah kuno Sewaka Darma, memiliki 2 dawai alat musik ini dimainkan dengan cara menggesek salah satu dawai sembari dawai satunya untuk menghasilkan harmoni suara.

2. Calung

Ada yang baru dengar nama Calung? Yap, mungkin bagi kalian nama tersebut asing di telinga. Tapi, tau nggak sih kalo calung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat.

Calung merupakan idiofon yang berarti sumber bunyi yang dihasilkan berasal dari bahan dasarnya sendiri. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditepuk atau dipukul pada bagian bilah atau luas yakni tabung bambu yang tersusun.

Calung menggunakan Titi Laras atau tangga nada pentatonik yang terdiri dari nada Mi-na- ti-la. Calung terdiri dari dua jenis yaitu yakni calung rantay dan calung jinjing.

3. Arumba

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest