Follow Us

4 Fakta Burung Berkaki Panjang yang 'Ditugasin' Merawat Rumput Lapangan JIS

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 07 November 2021 | 21:00
Burung gagang bayam timur.
Wikimedia

Burung gagang bayam timur.

HAI-Online.com – Gerombolan burung Gagang Bayam Timur di lapangan Jakarta International Stadium (JIS) baru-baru ini menarik perhatian masyarakat.

Pasalnya, sekawanan burung ini diketahui secara khusus 'ditugaskan' untuk merawat rumput lapangan sepak bola tersebut.

Sebagaimana dikabarkan Kompas.com pada Kamis (4/11/2021), lapangan sepak bola ini memang mengusung tema green building. Jadi, rumput yang digunakan di lapangan ini pun perlu mendapat perawatan khusus.

Nah untuk membantu proses perawatan alami pada rumput stadion JIS, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) pun memanfaatkan burung gagang bayam timur.

Baca Juga: Bocoran Konser BTS di Jakarta: Tiket, Sound dan Gedung Baru JIS yang Siap Resmi Maret 2022

Pihak Jakpro menjelaskan, jenis burung yang digunakan untuk mengusir hama tersebut yakni gagang bayam timur atau Himantopus leucocephalus.

Peneliti burung di Pusat Riset Biologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Tri Haryoko mengatakan, ada dua jenis burung gagang bayam yakni burung gagang bayang belang atau black winged stilt dan gagang bayam timur atau white headed stilt.

"Secara morfologi burung ini (gagang bayam timur) sangat menarik karena memiliki warna bulu hitam dan putih dengan paruh yang tipis panjang hitam, dan memiliki ukuran kaki sangat panjang berwarna merah jambu," jelasnya kepada Kompas.com, Jumat (5/11/2021) lalu.

Baca Juga: Inilah 4 Burung Paling Berbahaya di Dunia, Salah Satunya Burung Unta!

Burung gagang bayam timur dilepas di rumput latih stadion Jakarta International Stadium (JIS) pada Rabu (3/11/2021).
Abdul Faisal/ANTARA

Burung gagang bayam timur dilepas di rumput latih stadion Jakarta International Stadium (JIS) pada Rabu (3/11/2021).

Tri mengungkapkan, terkait pemanfaatannya untuk merawat rumput, jika dilihat berdasarkan perilaku pakannya, burung ini memang biasa memangsa larva dan serangga air dewasa.

Mangsa burung ini seperti kumbang, mayflies, lalat kadis, kutu air, capung, lalat, kutu daun, kupu-kupu, ngengat, laba-laba, hingga cacing. Dengan kata lain, burung gagang bayam timur tersebut memang bermanfaat untuk membersihkan rumput dari hama maupun serangga.

"Saya belum tahu bagaimana penggunaan burung ini untuk perawatan rumput yang dilakukan oleh JIS. Di samping itu, burung ini adalah jenis burung liar sehingga sangat sulit untuk dijinakkan. Sehingga ketika melepaskan burung ini untuk perawatan rumput, saya pikir burung ini akan terbang dan mungkin tidak kembali lagi ke area yang rumputnya akan dirawat, karena itu bukan habitat mereka," jelas Tri.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest