Follow Us

Mau Bisnis Kamu Langgeng, Begini Strategi Memilih Teman Dagang!

Al Sobry - Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:09
Mau Bisnis Kamu Langgeng, Begini Strategi Memilih Teman Dagang!

Mau Bisnis Kamu Langgeng, Begini Strategi Memilih Teman Dagang!

HAI-Online.com - Berbisnis seorang diri tentu boleh saja, namun melihat perkembangan kolaborasi saat ini, kenapa tidak menjalankan bisnis bersama orang lain?

Menurut dr. Jiemi Ardian, Sp.KJ. seorang pakar di bidang psikiatri, dari sudut pandang psikologi, memilih rekan bisnis dengan tujuan yang sama akan dapat menjalankan hubungan 'kerja' bisnis dalam jangka panjang.

Baca Juga: Mau Jadi Kaya?Jangan Jadi Karyawan! Ini 5 Tips Bisnis yang Cuan!

Dikatakan dr. Jiemi, meski kepribadian setiap orang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, perbedaan tersebut dapat disatukan dengan nilai-nilai kehidupan yang mereka pegang teguh.

"Kedua individu atau lebih dapat dikatakan cocok satu sama lain untuk menjalin hubungan bisnis jangka panjang apabila mereka memegang beberapa nilai-nilai kehidupan yang saling beririsan. Misalnya, kedua individu ini sangat menjunjung tinggi nilai kejujuran, maka mereka pun akan cenderung (cocok) menjalankan bisnis dengan saling terbuka dan jujur dalam berkomunikasi," paparnya di acara ShopeePay Talk pada Selasa (18/10/2021) siang.

Ia juga menjelaskan, memilih rekan bisnis adalah bagian dari fundamental dan krusial di fase awal merintis sesuatu bisnis. Jadi, tahapan ini bisa dibilang gampang-gampang susah.

"Setiap individu yang memegang beberapa nilai kehidupan yang sama akan lebih mudah untuk saling memahami dan berempati satu sama lain sehingga dapat lebih bijak saat menghadapi konflik bersama,” tuturnya.

Perlu disadari bahwa fase awal membangun sebuah bisnis membutuhkan persiapan yang sangat kompleks. Untuk itu, menggandeng rekan bisnis dapat menjadi salah satu solusi efektif karena sinergi dari beberapa individu sekaligus dapat membantu meningkatkan efektivitas setiap proses yang ada di dalamnya.

"Namun, sama halnya dengan mempersiapkan modal dan strategi bisnis, memilih rekan bisnis yang tepat juga bukan perkara mudah dan butuh persiapan matang. Sejalan dengan komitmen kami untuk bertumbuh bersama bisnis dari berbagai sektor, ShopeePay Talk kali ini menghadirkan pandangan holistik seputar strategi mencari dan menjaga komunikasi yang sehat dengan rekan bisnis,” tutur Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay.

Baca Juga: 31 Remaja Indonesia Ngasih Solusi Inovatif untuk Masalah di Dunia Nyata

Nah, dalam membangun bisnis barenh teman yang tepat memang dapat mengakselerasi performa sebuah bisnis, karena kehadiran individu lain di dalam bisnis dapat memperluas perspektif, menambah teman bertukar pikiran, menyeimbangkan beban pekerjaan, hingga sinergi modal usaha.

Ini juga yang dihadirkan dalam obrolan brrtema Selektif Pilih Teman Dagang, Bisnis Makin Langgeng, yangdbigar ShopeeTakjs bersama dua pebisnis inspiratif Irvan Helmi, Co-founder dan Director of Anomali Coffee & Pipiltin Cocoa serta Helga Angelina, Co-founder dan CEO Burgreens & Green Rebel mengenai lika-liku membangun bisnis bersama serta faktor penting apa saja yang perlu diperhatikan saat memilihnya.

Halaman Selanjutnya

Nara sumber Shopeepay Talk
1 2

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest