Follow Us

Awalnya Kepengen Jadi Drummer, Ternyata Ini Alasan Andra Pilih Jadi Gitaris

Ferry Budi Saputra - Jumat, 08 Oktober 2021 | 13:00
Andra Ramadhan
YouTube/ Andra Ramadhan

Andra Ramadhan

HAI-Online.com - Andra Ramadhan yang merupakan gitaris Dewa 19 tentu udah nggak diragukan lagi skillnya. Tapi, tau nggak sih, dulu sebelum menjadi gitaris ternyata Andra pernah kepengen jadi drummer.

Baca Juga: Ceritain Sosok Andra yang Suka Main Gitar Pas SMP, Sahabat SMP: Kelas 2 Udah Jago, Mainin Lagu Jazz dan Rock

Sayangnya, keinginan Andra akhirnya nggak kesampean. Bukan tanpa sebab, diketahui ketika kelas 1 SMP dia masih tinggal di kampung dan atas saran dari orang tuanya juga, akhirnya ia memikirkan lagi keinginannya untuk menjadi drummer.

"Karena gue tinggalnya di kampung terus nggak mungkin punya ruangan yang kedap gitu, orang tua bilang, 'nih pasti berisik tetangga pasti protes kalau kamu main drum', wah iya ya," tutur Andra di Channel YouTube SiCepat Ekspres.

Pendiri band Andra & The Backbone itu pada akhirnya banting stir jadi tertarik bermain gitar. Awalnya gara-gara melihat temannya yang main gitar pas lagi di sekolah.

Andra menjelaskan perasaan pertamanya melihat temannya bermain gitar, menurutnya gitar itu alat musik yang asik karena bisa dimainin secara pelan-pelan dan bisa dimainin kenceng juga kalo mau. Pastinya nggak berisik didengar tetangga juga.

"Kayaknya gue pengen nyobain deh belajar main gitar yaitu awalnya," ungkapnya.

Baca Juga: Masih Loyal Sama Dewa 19 Sampai Sekarang, Andra: Ada Ikatan yang Kuat, Gue Sama Dhani Merasa Sangat Cocok Bermain Musik

Dia mengaku belajar gitarnya cuma secara otodidak. Selain itu, dia juga mengingat beberapa lagu Indonesia yang pertama kali dibawakannya untuk belajar seperti lagu dari Iwan Fals dan Ebiet G Ade. Menurutnya, pertama kali ia belajar gitar sekitar tahun 1986-1987.

Selain gitar itu asik, Andra juga mengatakan kalo bermain gitar itu enak karena bisa sambil nyanyi. Sedangkan kalo main drum dia pikir itu hal yang sulit susah kalo sambil nyanyi dan nggak ada chordnya juga. Bahkan, dia menganggap main gitar itu seperti piano.

"Gue merasa kayak happy gitu. Ada sesuatu yang menyenangkan hati gitu kalo main gitar," ujarnya.

Sementara itu, Andra mengatakan dia dan Dewa 19 itu memiliki keterikatan yang kuat sehingga dia masih loyal dengan band tersebut hingga saat ini.

Selain itu, Andra mengaku chemistry-nya begitu kuat dan cocok ketika bermain musik bersama Ahmad Dhani. Dia mengibaratkan sebuah band itu seperti sebuah perkawinan, kalo chemistry-nya kuat pasti akan langgeng sampai kapanpun.

Baca Juga: Berkat Andra, Ahmad Dhani Sebut Dirinya Bisa Jadi Kibordis yang Bisa Ngarang Lagu Pake Gitar

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular