Follow Us

Inilah 4 Cara Mencegah Gigi Berlubang, Salah Satunya Harus Rajin Sikat Gigi

Dok Grid - Kamis, 22 Februari 2024 | 11:07
Ilustrasi sakit gigi berlubang
iStockphoto

Ilustrasi sakit gigi berlubang

HAI-Online.com - Punya gigi yang berlubang memang sangat mengganggu kita terutama saat beraktivitas. Rasa sakit nyeri yang luar biasa ini bikin kita males melakukan sesuatu.

Baca Juga: Rapi di Wajah, Wangi di Badan, Ini Dia 4 Tips Cowok buat Grooming Harian di Rumah

Biasanya lubang pada gigi muncul dalam ukuran kecil terlebih dulu lalu bisa menjadi besar kalo nggak diatasi dan dibiarin gitu aja. Penyebabnya bisa berbagai macam, bisa juga karena banyak makan-makanan manis dan jarang menyikat gigi.

Nah, ketahui yuk lebih lanjut mengenai tips mencegah gigi berlubang.

Melansir Kompas.com, informasi dari Mayo Clinic, berikut ini ada beberapa tips untuk membantu mencegah gigi berlubang:

1. Sikat dengan pasta gigi berfluoride setelah makan atau minum

Sikat gigi itu sangat perlu dilakukan seenggaknya dua kali sehari. Terutama setelah makan dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Bisa juga menggunakan benang gigi atau gunakan pembersih interdental untuk membersihkan sela-sela gigi. Tapi kalo nggak biasa ya cukup sikat gigi aja juga udah ngebantu. Setelah menggosok gigi, lo juga bisa berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride.

2. Kunjungi dokter gigi secara teratur

Nah, kalo memang dirasa perlu banget, lo bisa kok mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk mendapatkan pembersihan gigi secara profesional dan pemeriksaan mulut. Hal ini bisa membantu lo mencegah dan mendeteksi segala jenis kerusakan pada gigi.

Baca Juga: Jangan Jadiin Patokan, Ini 4 Hal Sering Disalahpahami tentang Konsep ‘Empat Sehat Lima Sempurna’

3. Kurangi konsumsi makanan manis dan asam

Kebanyakan makanan manis dan asam juga bisa membuat gigi berlubang. Jadi, sebisa mungkin hindari konsumsi makanan manis dan asam.

Kalo memang habis mengkonsumsi makanan manis dan asam, segera minum air putih untuk menghilangkan efeknya. Selain itu, lo juga bisa menggunakan sedotan saat minum manis atau asam.

4. Berhenti merokok

Memang bagi cowok berhenti merokok jadi hal yang sulit, meskipun tau kalo rokok memang bisa memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk gigi. Merokok dan penggunaan tembakau oral bisa membahayakan mulut, gusi dan gigi.

Merokok bukan hanya meningkatkan plak gigi tetapi juga dapat menyebabkan penyakit gusi, gigi keropos, hingga kanker mulut. Perlu usaha yang lebih bagi setiap orang agar bisa berhenti merokok.

Nah itu dia 4 cara mencegah gigi berlubang. Semoga informasi tersebut bisa ngebantu lo untuk menjaga gigi tetap sehat.

Baca Juga: Rame Tweet soal Campur Sampo dengan Kopi Buat Keramas, Ini Penjelasan Dokter

Source : Kompas.com

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular