Follow Us

Udah Sejak Zaman Viking, Tradisi Perburuan Lumba-Lumba di Kepulauan Faroe Dikecam Dunia

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 23 September 2021 | 12:30
Lumba-lumba yang berhasil diburu di Kepulauan Faroe pada Minggu (12/9/2021) lalu. Aksi perburuan ini pun mendapat kecaman dari warga dunia.
Sea Shepherd

Lumba-lumba yang berhasil diburu di Kepulauan Faroe pada Minggu (12/9/2021) lalu. Aksi perburuan ini pun mendapat kecaman dari warga dunia.

HAI-Online.com – Atas nama tradisi, sebanyak lebih dari 1400 lumba-lumba bersisi putih dibantai di Kepulauan Faroe pada, Minggu (12/9/2021) lalu.

Ribuan tubuh mamalia laut tersebut yang masih bersimbah darah tersebut dibiarkan berjejer di sepanjang pantai usai perburuan massal tersebut.

Baca Juga: Duh! Ribuan Pelajar SMA Masuk Klaster Covid-19 Usai Sekolah Tatap Muka

Nggak pelak, aksi ini pun memicu protes dari para konservasionis dan juga penduduk setempat. The Sea Shepherd Conservation Society bahkan menggambarkan peristiwa ini sebagai sebuah pembantaian.

Namun gimana, sih, asalnya tradisi perburuan lumba-lumba ini?

Mengutip Live Science, perburuan lumba-lumba adalah tradisi kuno di Kepulauan Faroe—sebuah wilayah otonomi Denmark yang terletak di antara Norwegia, Skotlandia, dan Islandia.

Tradisi yang sudah ada sejak zaman Viking ini dikenal sebagai Grindadráp atau 'the grind'. Kebiasaan ini dilakukan dengan cara menggiring paus pilot atau spesies lumba-lumba besar lainnya ke teluk, sebelum membunuh mereka dengan tombak khusus.

Perburuan ini adalah satu-satunya praktik perburuan yang masih dilakukan di Eropa Barat.

Baca Juga: Intelegensi Lumba-Lumba, Ternyata Mereka Bisa Pelajari 'Nama' Teman buat Nge-Geng

Biasanya, daging lumba-lumba kemudian akan dibagikan untuk membantu memberi makan masyarakat setempat. Namun beberapa pihak khawatir, bahwa tangkapan tahun ini terlalu banyak untuk sekitar 53.000 penduduk kepulauan tersebut.

"Perburuan ini terjadi pada 2021 di komunitas pulau Eropa yang sangat kaya dan hanya 370 kilometer jaraknya dari Inggris, sangat keterlaluan," jelas Rob Read, Chief Operating Officer Sea Shepherd Inggris dalam sebuah pernyataan.

Menurut penduduk setempat, pemburu tampak nggak memedulikan jumlah lumba-lumba yang mereka buru. Hal ini menurut Olafur Sjurdarber, Ketua Asosiasi Pemburu Ikan Paus Faroese merupakan sebuah kesalahan besar.

Source : Live Science

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest