Follow Us

Bagiin Tips soal Songwriting, Ahmad Dhani Bilang yang Paling Susah Itu Bikin Liriknya

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 09 September 2021 | 21:05
Ahmad Dhani
HAI

Ahmad Dhani

HAI-Online.com – Dikenal sebagai musisi yang jago menulis lagu, kemampuan Ahmad Dhani udah nggak diragukan lagi dalam industri musik Indonesia.

Bersama Dewa 19, Ahmad Dhani meraih puncak kesuksesannya sebagai musisi papan atas Tanah Air.

Lagu-lagu ciptaannya pun dianggap punya nilai magis tersendiri bagi para pendengarnya. Lagu-lagu yang ia bikin lebih dari 20 tahun lalu pun hingga kini banyak didengerin, bahkan oleh Gen Z yang nggak ngerasain masa kejayaan Dewa 19.

Nah soal membuat lagu, menurut Dhani adalah hal yang gampang-gampang susah.

“Membuat lagu itu gampang, yang sulit itu adalah menjadikan lagu itu terkenal," ujarnya saat menjawab pertanyaan Gen Z soal songwriting, mengutip channel YouTube Video Legend.

Baca Juga: Pesan Ahmad Dhani buat yang Punya Cita-Cita tapi Nggak Disupport Ortu

Ketika ditanya soal gimana tips buat bikin lagu yang baik dan disukai banyak pendengar, ia mengatakan lirik adalah hal pertama yang harus diperhatiin.

“Untuk menjadi terkenal itu dibutuhkan lirik yang baik. Nomor satu itu lirik. Jarang orang Indonesia itu bisa suka dulu sama nada," ungkap frontman Dewa 19 tersebut.

Lagu yang secara teknis bagus pun menurutnya bakal kurang terkenal jika liriknya nggak bagus.

“Banyak lagu nadanya baik, tapi liriknya kurang kena di masyarakat, orang jadinya nggak aware, nggak perhatian," tambahnya.

“Jadi yang paling susah menurut saya adalah membuat lagu itu menjadi terkenal. Lagu itu menjadi terkenal karena liriknya, pesannya sampai ke masyarakat. Kata-kata itu yang paling penting sebenarnya," beber Dhani.

Namun demikian, Dhani pun ngaku kalo dirinya juga pernah bikin lagu yang liriknya kurang oke sehingga nggak terlalu sukses di pasaran.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest