Follow Us

Pandemi Covid-19 dan Sekolah Online Bikin Siswa Indonesia Jarang Belajar

Alvin Bahar - Rabu, 15 September 2021 | 10:35
Ilustrasi kegiatan online learning dengan menggunakan aplikasi Zoom oleh mahasiswa. Jumat (10/ 04/ 2020).
Dokprib Kompas Corner UMN.

Ilustrasi kegiatan online learning dengan menggunakan aplikasi Zoom oleh mahasiswa. Jumat (10/ 04/ 2020).

HAI-ONLINE.COM - Ngaku aja deh, pandemi covid-19 dan sekolah online bikin lo jarang belajar kan? Ya kan?

Nggak cuma menduga-duga, tapi memang ada penelitiannya, nih.

Pandemi COVID-19 jelas memaksa lebih dari 60 juta anak di Indonesia melakukan pembelajaran jarak jauh sejak Maret 2020 lalu.

Mekanisme pembelajaran jarak jauh seperti pembelajaran daring dan melalui televisi dilakukan oleh Pemerintah Indonesia sebagi upaya untuk mengurangi terhentinya pembelajaran, termasuk juga menyediakan kuota internet agar anak dapat mengakses pembelajaran.

Namun, upaya tersebut nggak lantas dapat langsung menjawab sepenuhnya tantangan dan permasalahan pembelajaran jarak jauh di Indonesia.

Studi Global Save the Children pada Juli 2020 yang dilakukan di 46 Negara khususnya Indonesia menemukan fakta bahwa 7 dari 10 anak mengatakan jarang belajar atau hanya sedikit belajar selama pandemi.

Baca Juga: Nggak Cuma Masker dan Hand Sanitizer, 5 Barang Ini Juga Wajib Dibawa selama PTM Terbatas

Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti terbatasnya ketersediaan materi belajar yang memadai, terbatasnya / nggak memiliki kuota internet, nggak mempunyai gawai, bahkan demotivasi karena sulit memahami pekerjaan rumah dan nggak mendapat bimbingan guru.

“Studi kami sangat jelas menggambarkan bahwa banyak anak - anak di Indonesia menghadapi kesulitan dalam belajar daring, motivasi belajar jadi menurun dan ini bisa berpengaruh pada kemampuan literasi dan numerasi anak”, tegas Selina Patta Sumbung / CEO Save the Children Indonesia.

Lebih jauh lagi dikatakan bahwa seluruh pihak perlu bersama-sama mengantisipasi kesulitan belajar yang jadikan anak-anak kehilangan kemampuan dan pengalaman belajar (learning loss), dan dikhawatirkan akan berdampak pada kurangnya keahlian mereka di saat dewasa (less-skilled workers) untuk bisa berkompetisi di dunia kerja/usaha, serta berakhir pada menurunnya kemampuan menghasilkan pendapatan (decreased earning capacity).

Selain itu Selina juga menambahkan “di beberapa wilayah, anak–anak terancam putus sekolah karena anak harus bekerja dan atau menikah dini. Tindakan yang sistematis, aman dan inklusif harus segera dilakukan dan jadi prioritas untuk mendukung pemberian akses pembelajaran bagi semua anak sebagai bagian dari pemulihan yang berkelanjutan”.

Fakta kesulitan belajar juga dialami oleh anak–anak di area Daerah Istimewa Yogyakarta. Para kelompok anak yang tergabung sebagai child campaigner gerakan Save our Education dan merupakan bagian dari Child and Youth Advocacy Network (CYAN) melakukan survei tentang pemerataan paket internet bagi peserta didik.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest