Follow Us

Menkes Berencana Bikin Aplikasi PeduliLindungi Bisa Dipake Tanpa Smartphone

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 14 September 2021 | 18:45
Aplikasi Pedulilindungi
Kementerian Kominfo/Google Play

Aplikasi Pedulilindungi

HAI-Online.com – Aplikasi PeduliLindungi saat ini masih jadi syarat wajib bagi masyarakat untuk bisa masuk ke sebagian besar fasilitas umum selama masa PPKM ini.

Sayangnya, akses smartphone dan kuota internet yang belum menyeluruh di Indonesia membuat masyarakat kesulitan.

Menjawab masalah ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pihaknya tengah memikirkan alternatif agar PeduliLindungi dapat diterapkan tanpa menggunakan ponsel pintar atau smartphone.

"Kami juga memikirkan bagaimana PeduliLindungi bisa digunakan tanpa smartphone, sedang kita pikirkan bagaimana caranya agar ada alternatif lain," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Senin (13/6/2021) seperti dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Bioskop Resmi Dibuka untuk wilayah PPKM Level 2 dan 3, Penonton Wajib Bawa PeduliLindungi

Budi mencontohkan, saat ini, aplikasi PeduliLindungi sudah terintegrasi dengan sistem check-in pesawat dan sistem ordering dari aplikasi agen travel online.

"Jadi begitu pertama kali yang bersangkutan pesan tiket atau check-in, otomatis tanpa buka handphone oleh aplikasi Traveloka, tiket.com, atau aplikasi check-in pesawat akan dicek ke sistem PeduliLindungi terkait status vaksinasi dan juga lab PCR," jelasnya.

Hal itu memungkinkan petugas mengetahui kategori seseorang, apakah itu merah, kuning, atau hijau di meja check-in tanpa membutuhkan handphone.

Baca Juga: Aturan PPKM Level Terbaru, Tempat Wisata dan Bioskop Boleh Dibuka

Langkah-langkah yang sudah diterapkan seperti sistem check-in pesawat tersebut, menurut Budi akan terus dilakukan untuk mempermudah akses masyarakat.

"Kami teruskan agar bisa mempermudah PeduliLindungi untuk daerah-daerah yang penetrasi smartphone-nya belum maksimal," pungkasnya. (*)

Baca Juga: Tato Barcode Sertifikat Vaksin Cowok di Yogya Ini Viral, Bakal Jadi Kenang-Kenangan Kalo Pandemi Udahan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkes Ingin Aplikasi PeduliLindungi Bisa Digunakan Tanpa Smartphone"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest