Follow Us

Demen Jazz sejak Kecil, Ini Lagu yang Jadi ‘Childhood Memory’-nya Ahmad Dhani

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 12 September 2021 | 20:02
Ahmad Dhani (kiri bawah) semasa SMP
Dok. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani (kiri bawah) semasa SMP

HAI-Online.com – Musik jazz udah nggak bisa pungkiri sangat memengaruhi kuping Ahmad Dhani, bahkan sejak masih kecil.

Dalam bermusik, pentolan Dewa 19 tersebut pun mengakui banyak terinspirasi dari sejumlah musisi jazz Tanah Air, mulai dari Fariz RM hingga Candra Darusman.

Nah yang disebut terakhir ternyata merupakan musisi yang jauh sebelum dirinya membentuk Dewa 19, menjadi idola Ahmad Dhani sewaktu dirinya masih SD.

“Karena saya memang basic-nya suka musik jazz, fusion,” ungkap Dhani dalam vlognya di channel Video Legend.

Baca Juga: Gaya Ahmad Dhani Pas SMP Udah Kayak Musisi, Sahabat SMP: Sering Bawa Keyboard Model Fariz RM dan Pake Topi Kayak The Police

Buat lo yang belum tahu, Candra Darusman sendiri merupakan seorang penyanyi dan musikus yang pernah tergabung ke dalam kelompok musik jazz, Chaseiro dan Karimata.

Sedangkan sebagai solois, seniman 64 tahun tersebut tercatat pernah menelurkan dua album, yakni ‘Indahnya Sepi’ (1981) dan ‘Kekagumanku’ (1983).

Candra Darusman dan Dian Sastro
Dok. Candra Darusman

Candra Darusman dan Dian Sastro

FYI, jika lo nggak asing sama event jazz tahunan Tanah Air, ‘Jazz Goes To Campus’, Candra Darusman inilah bapak pendirinya.

“Dan Candra Darusman itu adalah sosok pianis—karena saya juga pianis, makanya saya juga ngefans—yang juga pengarang lagu, yang juga penyanyi,” tutur Dhani.

Baca Juga: Berkat Andra, Ahmad Dhani Sebut Dirinya Bisa Jadi Kibordis yang Bisa Ngarang Lagu Pake Gitar

Selain karena kegemarannya atas musik jazz sejak dini, suara Candra Darusman juga disebut Dhani mudah ditiru saat ia masih kecil. Alhasil, ia nggak kesulitan buat menikmati dan menyanyikan lagu-lagu dari Candra Darusman kala itu.

“Karena suaranya itu nggak sulit-sulit amat ditiru. Bukan nggak enak, tapi nggak sulit-sulit amat ditiru,” kenang Dhani.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest