Follow Us

3 Alasan IT Jadi Jurusan yang Sangat Menjanjikan di Abad Ini

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 09 September 2021 | 16:05
Lewat jurusan IT, banyak pilihan untuk kerja freelance.
Google

Lewat jurusan IT, banyak pilihan untuk kerja freelance.

HAI-Online.comPerkembangan teknologi, khsusunya ponsel, membuat akses informasi nggak terbendung lagi. Di masa sekarang, hampir setiap rumah sudah memiliki smartphone atau handphone pintar untuk mendukung aktivitas sehari-hari, mulai dari komunikasi, edukasi, layanan pesan antar, sampai membayar tagihan.

Hidup di era digital, membuat banyak pihak membutuhkan peran ahli IT untuk mengelola berbagai sistem informasi yang dibutuhkan masyarakat dan industri.

Melansir Kompas.com, Senin (6/9/2021), jurusan IT masuk ke dalam daftar tujuh jurusan kuliah yang paling diminati pada 2021. Bahkan, dalam daftar itu, IT berada pada urutan kedua.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (9/9/2021), Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), memaparkan tiga alasan mengapa jurusan IT menjadi pilihan tepat dan paling diminati calon mahasiswa pada abad ke-21.

Baca Juga: Minat Masuk Jurusan Teknik Lingkungan? Cek Daftar Kampus dan Prospek Kerjanya

1. Lowongan pekerjaan terbuka luas

Ketika memilih jurusan IT, mahasiswa akan dibekali pengetahuan untuk mengimplementasi, melakukan konfigurasi, serta merawat berbagai infrastruktur yang berkaitan dengan komputer dan teknologi informasi.

Nah, saat ini, berbagai sektor industri membutuhkan ahli bidang IT untuk menjalankan usahanya. Untuk itu, lowongan pekerjaan ahli bidang IT atau lulusan jurusan IT, hingga kini masih terbuka luas.

2. Gaji yang gede

Selain banyak pilihan lowongan pekerjaan, menjadi ahli IT juga menjanjikan secara finansial karena bisa mendapatkan gaji yang cukup menggiurkan. Melansir Kompas.com, Kamis (12/8/2021) potensi gaji seorang ahli IT berada pada kisaran Rp 15.000.000 sampai Rp 27.000.000.

Nggak hanya gaji yang tinggi, pekerjaan di bidang IT juga termasuk jenis pekerjaan berkelas karena nggak sembarang orang dapat melakukannya.

3. Banyak pilihan kerja freelance

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest