Follow Us

Minat Masuk Jurusan Teknik Lingkungan? Cek Daftar Kampus dan Prospek Kerjanya

Dok Grid - Senin, 06 Mei 2024 | 11:15
Institut Teknologi Bandung
ITB

Institut Teknologi Bandung

HAI-Online.com - Fakultas Teknik menjadi salah satu fakultas yang diminati. Beberapa program studi yang banyak dipilih yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Industri. Tetapi, Teknik Lingkungan juga nggak kalah menariknya.

Merangkum Kompas.com dari salah satu platform edukasi Ruang Guru, Teknik Lingkungan secara garis besar belajar tentang alam beserta makhluk hidup di dalamnya. Mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan selama kuliah akan mempelajari bagaimana mengolah sumber daya alam.

Terkait materi kuliah, di tiap universitas memiliki perbedaan. Namun secara garis besar, materi Teknik Lingkungan akan mencakup beberapa hal yang sama, seperti:

  • Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), dan Sistem Penyaluran Air Minum (Universitas Airlangga).
  • Perencanaan Penyediaan Air Minum (Universitas Diponegoro).
Selain itu, materi Teknik Lingkungan ada yang mencakup mata kuliah tentang hukum. Contohnya di jurusan Teknik Lingkungan ITB, Undip, Universitas Mulawarman, dan Unair ada materi tentang Kebijakan Hukum dan Lingkungan. Harapannya lulusan Teknik Lingkungan juga dapat mengkaji pembangunan industri yang sesuai dengan hukum berlaku.

Mata kuliah yang ada di Teknik Lingkungan yaitu tentang pengelolaan limbah. Secara spesifik, mata kuliah ini biasanya diberi nama Pengelolaan Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya). Mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan nantinya akan belajar mengenai jenis-jenis limbah, termasuk bagaimana mengolahnya.

Bagi kalian yang ingin masuk jurusan ini, beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan Teknik Lingkungan, antara lain:

1. Institut Teknologi Bandung 2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 3. Universitas Indonesia 4. Universitas Diponegoro 5. Universitas Airlangga 6. Universitas Mulawarman

Banyak sekali kesempatan atau prospek kerja Teknik Lingkungan. Mau kerja di non-governmental organization (NGO), seperti WALHI. Lulusan Teknik Lingkungan juga bisa bekerja di perusahaan multinasional. Di sektor industri lulusan Teknik Lingkungan juga banyak dicari karena perusahaan membutuhkan orang yang andal dan memiliki kemampuan di bidang K3.

Lulusan Teknik Lingkungan juga bisa bekerja di instansi pemerintah. Ada Kementerian ESDM (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral) dan juga BPLH (Badan Pengelola Lingkungan Hidup), serta instansi lain terkait.

Nah, itu tadi daftar kampus dan prospek kerja jurusan Teknik Lingkungan. Gimana? Jadinya tertarik masuk jurusan ini nggak nih?

Baca Juga: Inilah 5 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Rendah bagi Mahasiswa

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest