Follow Us

Xiaomi Bikin Robot Anjing 'CyberDog', Emang Bisa Ngapain Aja Sih?

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 11 Agustus 2021 | 18:30
Robot anjing buatan Xiaomi, 'CyberDog'.
Xiaomi

Robot anjing buatan Xiaomi, 'CyberDog'.

HAI-Online.com – Raksasa teknologi asal China Xiaomi kembali memperluas lini produk mereka, kali ini berupa robot anjing, yang diumumkan bersamaan dengan peluncuran ponsel terbaru mereka, MIX 4 pada Selasa (10/8/2021).

Robot berkaki empat yang dinamai CyberDog tersebut diklaim mampu berinteraksi layaknya binatang peliharaan yang bisa membantu pekerjaan pemiliknya.

Melansir TechCrunch, CyberDog ini pada dasarnya merupakan mesin berbasis open-source yang bisa dimanfaatkan para developer untuk membuat aplikasi untuk robot tersebut.

Baca Juga: Huawei Luncurkan Tablet MatePad 11 yang Diklaim Punya Rasa Seperti PC

Sebagai otaknya, robot ini mengusung chip NVIDIA Jetson Xavier NX yang disebut Xiaomi merupakan superkomputer AI terkecil di dunia.

CyberDog juga memiliki 11 sensor pada tubuhnya, mulai dari touch, ultrasonic, kamer hingga GPS untuk membantunya berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan menjadikannya peliharaan yang “cerdas”.

Xiaomi mengklaim, teknologi pada CyberDog ini mampu mengikuti pemiliknya dan melakukan navigasi yang penuh rintangan. Selain itu, robot bertampang futuristik ini mampu mengidentifikasi postur dan melacak wajah manusia.

Baca Juga: Inilah Daftar, Spesifikasi dan Harga Laptop Chromebook yang Dibuat di Indonesia

Meski demikian, untuk sementara Xiaomi hanya akan melepas robot anjing ini untuk sebagian kalangan, yakni Xiaomi fans dan pegiat robotik sebanyak total 1.000 unit. Mereka diharapkan bisa mengeksplor lebih banyak robot berbasis open-source ini.

CyberDog ini sendiri dibanderol nggak murah, yakni 9.999 yuan atau setara Rp 22.235.798 per unitnya.

Peluncuran CyberDog tersebut semakin menegaskan ambisi Xiaomi sebagai raksasa teknologi untuk terus merealisasikan “inovasi masa depan” bagi kehidupan manusia saat ini.

Wah, udah CyberPunk banget nih kayaknya kalo jalan-jalan sore bareng CyberDog. (*)

Baca Juga: Inilah Asal-Usul Kode Telepon +62 untuk Warga Negara Indonesia

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest