Follow Us

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Tahun 1973 Dilelang, Laku Hampir Rp5 Miliar

Ferry Budi Saputra - Sabtu, 31 Juli 2021 | 14:30
Mendiang Steve Jobs dan surat lamaran kerjanya.
Indian Express

Mendiang Steve Jobs dan surat lamaran kerjanya.

HAI-Online.com - Surat lamaran kerja milik pendiri Apple, Steve Jobs, yang dia tulis pada tahun 1973 laku terjual senilai hampir Rp 4,9 miliar melalui sebuah lelang.

Baca Juga: Instagram Perpanjang Durasi Reels Jadi 60 Detik, Makin Mirip TikTok?

Melansir KompasTekno, surat lamaran tersebut dilelang dalam dua versi yakni dalam bentuk fisik dan dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT) untuk salinan digital.

Sesi lelang yang ditutup pada Rabu (28/7/2021), menghasilkan penawaran tertinggi sebesar 343.000 dollar AS (Rp 4,9 miliar) untuk versi fisik. Sementara untuk versi NFT terjual senilai 10,10 ETH atau setara dengan Rp 335 juta untuk versi NFT.

"Surat lamaran pekerjaan Steve Jobs dari tahun 1973 adalah bagian sejarah yang unik dari saat yang tepat ketika seorang pemimpi mengubah dunia," tertulis di halaman stevejobsjobapplication.com, tempat dilakukan lelang tersebut.

Surat lamaran yang seukuran kertas A4 itu berisi tulisan tangan asli Steve Jobs dan informasi lainnya. Tertera surat lamaran ditulis Jobs pada 1973 di umur 18 tahun atau 3 tahun sebelum dirinya mendirikan Apple bersama Steve Wozniak.

Selain itu, Steve Jobs juga mencantumkan Reed College sebagai alamatnya ketika itu. Seperti diketahui, Jobs memang sempat melanjutkan studi di perguruan tinggi seni Reed College yang berlokasi di Portland, Oregon, pada 1972. Sebelum akhirnya memutuskan untuk dropout.

Ada lagi nih, dalam surat lamaran kerja, ia juga menuliskan Sastra Inggris sebagai jurusannya. Lalu, Jobs mencantumkan memiliki kemampuan di bidang komputer dan kalkulator, dengan keterangan "design tech".

Sementara itu, Jobs menuliskan "electronics tech or design engineer" (teknisi elektronik atau insinyur desain) sebagai kemampuan khususnya. Di kolom ini ia juga menuliskan nama Hewlett-Packard (HP) sebagai referensi.

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Tahun 1973
stevejobsjobapplication.com

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Tahun 1973

Baca Juga: Nggak Perlu Fotokopi Lagi Kayak Indonesia, Ini 3 Negara dengan E-KTP Canggih

Pencantuman nama HP itu mengacu pada perangkat yang sering digunakan Jobs. Mengingat, Jobs sering menghadiri sesi seminar di pabrik Hewlett-Packard (HP) saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas. Pada suatu kesempatan, Jobs bahkan memberanikan diri untuk meminta komponen mesin kepada CEO HP, William Hewlett.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest