Follow Us

Inilah 5 Fakta Stadion Wembley yang Jadi Tempat Final Euro 2020

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 11 Juli 2021 | 11:19
Stadiion Wembley
Wikimedia

Stadiion Wembley

HAI-Online.com – Euro 2020 bakal memasuki puncaknya lewat laga final yang mempertemukan Inggris dan Italia, Minggu (11/7/2021) di Stadion Wembley, London, Inggris.

Sebagai venue final Euro 2020, Stadion Wembley memiliki sejumlah keistimewaan. Selain punya arsitektur yang megah, stadion ini juga punya banyak cerita yang menarik lho.

Simak nih 5 fakta unik dan menarik Stadion Wembley yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Stadion terbesar kedua di Eropa

Mengutip Design Build Network, Stadion Wembley memiliki kapasitas 90.000 tempat duduk. Stadion seluas 105 x 699 meter ini menjadi stadion terluas kedua di Eropa setelah Nou camp di Barcelona yang berkapasitaskan 98.000 kursi.

Stadion Wembley juga menjadi stadion olahraga terbesar di Inggris. Nggak heran jika stadion ini digunakan sebagai tempat berlangsungnya laga final Piala Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA Cup) setiap tahunnya.

2. Stadion Wembley sempat dirobohkan

Stadion Wembley sebenarnya dibangun pada tahun 1923. Bangunan lama stadion ini memiliki dua menara indah yang berdiri menjulang sebagai memoar sejarah olahraga Inggris.

Sayangnya, bangunan lama Stadion Wembley ditutup pada tahun 2000 dan dirobohkan dua tahun kemudian. Pada tahun 2003, bangunan baru dengan nama yang sama didirikan di tempat tersebut.

Stadion Wembley yang baru ini kemudian kembali dibuka pada tahun 2007. Stadion ini juga menjadi rumah bagi Tim Nasional Inggris.

3. Tempat beragam konser

Nggak hanya berfungsi sebagai tempat diselenggarakannya berbagai ajang olahraga, Stadion Wembley juga difungsikan sebagai lokasi perhelatan beragam konser musik berskala besar.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest