Follow Us

Viral di TikTok, Ini 5 Tips Nyelesain Skripsi A La Wakil Rektor Unnes

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 08 Juli 2021 | 15:00
Ilustrasi skripsi
PIXABAY/BLICKPIXEL

Ilustrasi skripsi

HAI-Online.com – Skripsi udah jadi kewajiban bagi mahasiswa tingkat akhir yang mau nyelesein studinya.

Namun nggak jarang, mahasiswa ngerasa kesulitan buat ngerjain tugas akhir perkuliahan ini karena berbagai faktor. Kalian termasuk, nggak?

Melihat permasalahan tersebut, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Negeri Semarang (Unnes) Hendi Pratama pun membagikan tips-tips bimbingan skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir melalui akun TikToknya, @hendi.motivasi.

Hendi yang juga aktif di panggung stand-up comedy ini mengatakan, video itu dibuat seiring dengan kegelisahannya lantaran belum harmonisnya bimbingan skripsi yang selama ini terjadi antara dosen dan mahasiswa.

Apalagi di masa pandemi ini, dimana dosen dan mahasiswa nggak bisa bertemu.

"Padahal orang Inggris bilang, it takes two to tango (berdansa harus dua orang). Begitu Pula skripsi. Melalui video yang viral ini, saya ingin menyampaikan bahwa skripsi harusnya menjadi ruang kolaborasi, dosen dan mahasiswa sama-sama proaktif," ungkap Hendi dalam Talkshow Komunitas Sentra Vidya Utama (Sevima) dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/7/2021).

Terus, apa aja sih tips sukses buat mengerjakan skripsi di masa pandemi?

1. Pahami bahwa skripsi adalah miniatur kehidupan

Mengalami sebuah kesulitan merupakan suatu hal yang wajar. Melalui skripsi inilah, mahasiswa bisa belajar tentang makna sebuah kehidupan tersebut. Misalnya saja ketika mahasiswa mendapat dosen pembimbing galak, maka bisa jadi waktu bekerja nanti kamu juga akan dapat atasan galak.

"Anggap saja skripsi adalah miniatur kehidupan. Artinya jika berhasil melewati skripsi ini maka akan berhasil dalam kehidupan. Masalah ada mahasiswa yang cepat dan ada yang lambat, ya itu bagian dari miniatur kehidupan," ungkap Hendi.

Baca Juga: Minat Masuk Jurusan Sastra Indonesia? Cek Nih Peluang Kerjanya

Halaman Selanjutnya

2. Jangan depresi
1 2 3

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest