Follow Us

Minat Masuk Jurusan Sastra Indonesia? Cek Nih Peluang Kerjanya

Ferry Budi Saputra - Kamis, 08 Juli 2021 | 11:51
Ilustrasi Baca Buku
Pixabay

Ilustrasi Baca Buku

HAI-Online.com - Bagi kalian yang minat masuk Program studi (prodi) atau jurusan Sastra Indonesia, selain harus mengetahui tentang ilmu yang akan dipelajari, kalian juga harus tahu tentang peluang kerjanya.

Baca Juga: Minat Kuliah Gratis di Malaysia? Yuk Daftar Beasiswa BCB AIU 2021

Selain prodi Sastra Indonesia, sebenarnya banyak sastra dari negara lain yang bisa dipelajari. Seperti Sastra Inggris, Sastra Jepang, Perancis dan beberapa negara lain.

Lulusan sastra, khususnya Sastra Indonesia tidak hanya menjadi seniman atau penulis saja. Banyak profesi yang bisa ditekuni bagi lulusan Sastra Indonesia.

Melansir Kompas.com, informasi dari laman salah satu platform edukasi, Ruang Guru, berikut peluang kerja yang bisa kalian jajaki jika memilih jurusan Sastra Indonesia.

Peluang kerja lulusan Sastra Indonesia

Salah satu profesi yang bisa ditekuni sebagai lulusan Sastra Indonesia, antara lain:

1. Narabahasa

Narabahasa adalah penyedia konsultasi, edukasi, dan publikasi yang berkenaan dengan bahasa Indonesia yang baku dan benar. Ilmu yang kamu pelajari di bangku kuliah selama menjadi mahasiswa Sastra Indonesia, tentu akan sangat berguna dalam pekerjaan ini.

2. Annotator

Pekerjaan annotator berkaitan erat dengan teknologi. Peran annotator adalah memberikan catatan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti untuk penggunaan pemrograman antarmuka (API) hingga menyiapkan data untuk machine learning.

3. Editor 4. Copywriter 5. Content writer 6. UX writer 7. Penerjemah 8. Jurnalis

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest