Follow Us

Bolehkah Masker KN95 Dipakai Berulang-ulang? Ini Penjelasan Dokter

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 06 Juli 2021 | 18:54
Ilustrasi penggunaan masker.
KEZI

Ilustrasi penggunaan masker.

HAI-Online.com – Perbincangan mengenai masker jenis KN95 yang bisa digunakan secara berulang ramai jadi topik pembicaraan netizen Indonesia.

Hal itu bermula dari cuitan dokter spesialis penyakit menular dan pengobatan dalam dari University of Maryland Upper Chesapeake Health (UM UCH) tentang cara penggunaan kembali masker KN95, Minggu (4/7/2021) kemarin.

Dalam twit itu dijelaskan bahwa masker KN95 yang sudah dipakai seharian bisa disimpan di kantung kertas coklat selama seharian juga.

Baca Juga: Sempat Lepas Masker, Kini AS Lawan Varian Delta dengan Memakai Masker Lagi

Saat disimpan, kita dapat menggunakan masker KN95 yang baru dan jika sudah dipakai, bisa melakukan tindakan penyimpanan kembali di dalam kantung kertas coklat tersebut secara bergantian.

Menurut Faheem, tindakan ini bisa dilakukan untuk mengantisipasi harga masker KN95 yang dinilai mahal.

"Masker KN95 Mahal. Bagaimana Cara Menggunakannya Kembali? Beli dua KN95. Simpan satu di kantong kertas cokelat, gunakan yang lain untuk sehari. Kemudian beralih. Terus bergantian selama mereka pas dan digunakan oleh orang yang sama. Dua KN95 dapat bertahan > bulan," tulis Faheem dalam twitnya.

Hingga Selasa (6/7/2021), unggahan itu sudah di-retwit sebanyak 4.241 kali dan disukai sebanyak 9.942 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Nggak direkomendasikan

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 RS UNS, dr Tonang Dwi Ardyanto mengatakan, penggunaan masker yang berulang-ulang bisa dilakukan hanya dalam keadaan terpaksa.

Selain itu, Tonang juga menyebut, tindakan pemakaian masker berulang-ulang nggak direkomendasikan.

"Sebenarnya penggunaan berulang itu hanya bila terpaksa, bukan rekomendasi," ujar Tonang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest