Follow Us

Banyak Ciptain Lagu Bahasa Inggris, Pamungkas: Bahasa Indonesia Lebih Sulit Dirangkai dan Dinyanyikan

Ferry Budi Saputra - Kamis, 24 Juni 2021 | 15:50
Pamungkas
Mas Pam Records

Pamungkas

HAI-Online.com - Pamungkas mengungkapkan alasannya lebih milih ciptain lagu dengan lirik Bahasa Inggris dibanding Bahasa Indonesia. Seperti diketahui hampir semua lagunya memiliki lirik Bahasa Inggris.

Baca Juga: Pamungkas Ceritakan Awal Mula Jadi Pengisi Musik di Acara Islam Itu Indah, Berawal dari Tukang Nge-play Bumper

Penyanyi yang populer dengan lagunya To The Bone tersebut, menyebut sulit menulis lirik Bahasa Indonesia.

"Gue pasti jijik sama lirik gue sendiri. Dinyanyikannya lebih sulit Bahasa Indonesia," ungkapnya dalam channel YouTube Gofar Hilman pada Maret 2021.

"Satu lafal. Kedua, kalo nulis lagu kan kita tergantung nada juga kan. Ada yang perlu liriknya, nadanya cuma dua suku kata, kalo di Inggris ada banyak tuh i, you, and, but. Kalo di Indonesia itu, 'saya' aja dua, nggak ada yang cuma 'dan' satu. Kata penyambungnya aja dua suku kata 'tapi' dan 'namun', itu sulit untuk merangkainya dan nyanyinya beda," ucapnya.

Berdasarkan penjelasannya, terlihat bagi Pamungkas lebih mudah merangkai lirik Bahasa Inggris daripada memakai Bahasa Indonesia karena suku kata dan kata penyambungnya dianggap lebih praktis.

Baca Juga: Pamungkas Beberkan Penyebab Ia Pernah Alami Setengah Tuli hingga Usia 18 Tahun

Dia melanjutkan, "Kalau ditanya kenapa Bahasa Inggris? Nggak tau, yang keluar begitu, soalnya gue nggak pernah plan. Justru karena ditolakin mulu Bahasa Inggris," katanya.

Pamungkas juga mengambil contoh Ahmad Dhani yang memiliki kemampuan ciptain lagu dengan lirik Bahasa Indonesia, dia pasti juga mau menciptakan lagu dengan Bahasa Indonesia.

"Belum lah, masih belajar. Mungkin kayak Sal Priadi, Nadin, Mas Aji itu kan liriknya gila. Mau juga gue, tapi memang sulit. Tapi, tiba-tiba orang suka (lagu Bahasa Inggrisnya), tiba-tiba laku, ya mana gue tau," ucapnya.

Seperti diketahui memang hampir semua lagu Pamungkas itu berbahasa Inggris termasuk To The Bone yang viral. Tapi, tak hanya itu, ternyata ada juga beberapa lagu Pamungkas yang dinyanyikan dengan Bahasa Indonesia seperti Kenangan Manis dan Monolog. (*)

Baca Juga: Banyak Orang Suka Lagu 'To The Bone' Pamungkas, Ahmad Dhani: Gue Bingung, Lagu Itu Bukan Lagu Berbakat Jadi Terkenal

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest