Follow Us

Fadli Zon Ketika SMA Adalah Sosok yang Patut Kita Tiru: Dari Berhasil Juarai Berbagai Kompetisi, Hingga Dapat Penghargaan dari Presiden Amerika

Alvin Bahar - Minggu, 20 Juni 2021 | 17:00
Fadli Zon ketika SMA
Dok. HAI

Fadli Zon ketika SMA

HAI-ONLINE.COM - Kini ia dikenal sebagai politisi dengan segala komentarnya yang kontroversial, tapi sesungguhnya Fadli Zon adalah sosok yang patut dicontoh ketika SMA.

Yoi, doi adalah pelajar super berprestasi ketika SMA.

Pas HAI ngubek-ngubek arsip, kami nemu sejumlah artikel yang ngebahas dirinya ketika masih remaja, sekitar tahun 1989-1991.

Fadli Zon, siswa SMA 31 Jaktim. Berkat kemauan berkompetisi, ia telah meraup sejumlah kemenangan. Mulai dari juara mengarang, presentasi ilmiah, sampai lolos seleksi pertukaran pelajar ke Texas, AS.

"Dengan berkompetisi, kita diajak untuk memacu, melatih, dan melihat kemampuan kita," kata cowok berkacamata minus 5, saat itu.

"Lolos persaingan itu seperti keluar dari tutup botol."

Fadli melanjutkan sekolah di Harlandale Highschool, Texas, AS itu, menyebut kemauan berkompetisi sebagai petunjuk adanya kesadaran akan masa depan. Harlandale High School adalah sebuah SMA negeri di selatan San Antonio, Texas, AS. Di situlah Fadli melewatkan pengalaman program pertukaran pelajar selama setahun.

Waktu yang cukup panjang, tapi juga terlalu pendek untuk mencobai semua aktivitas sekolah. Karena doi mendaftar hampir semua ekskul. Nggak ada capek-capeknya.

Baca Juga: Fadli Zon Saat SMA Pernah Kritik Musik Metal di Kolom HAI: Dengerin Slayer, Kepala Jadi Berat

"Yaitu catur, klab seni, KIR, klab bahasa asing, komputer, dan jadi reporter plus fotografer sekolah. Mumpung? Memang kok. Semuanya saya lakukan seusai sekolah. Tentu saja aktivitas itu membuat saya sering pulang petang," ucapnya.

"Tapi dengan cara itulah saya beradaptasi, memperoleh banyak teman dan pengalaman. Asal pintar atur waktu dan tak malas, pelajaran (dengan PR yang bertumpuk) pasti tak akan terganggu," lanjutnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest