Follow Us

Masih Inget 'E=mc2?' Tulisan Tangan Rumus Einstein Ini Terjual Rp 17 Miliar!

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 13 Juni 2021 | 19:15
Tulisan tangan rumus kesetaraan energi
Arthur Sasse/Nate D. Sanders Auctions/RR Aucyion/kolase HAI Online

Tulisan tangan rumus kesetaraan energi

HAI-Online.com – Rumus kesetaraan energi "E=mc2" yang ditemukan Albert Einstein mungkin udah pernah kalian pelajari dalam mata pelajaran Fisika di sekolah.

Namun, kalian pernah ngelihat langsung tulisan tangan asli dari si penemunya sendiri, belum, sih?

Saking langkanya, menurut Institut Teknologi California serta Universitas Ibrani Yerusalem, hanya ada empat contoh tulisan tangan asli Einstein untuk persamaan tersebut.

Tiga dari contoh itu adalah hologram yang disimpan dengan aman di Universitas Ibrani Yerusalem.

Menariknya, tulisan tangan keempat baru saja dilelang seharga 1,2 juta dollar AS atau senilai 17 miliar rupiah oleh rumah lelang RR Auction yang berbasis di Boston.

Tulisan persamaan tersebut dimasukkan dalam sebuah surat tulisan tangan dalam bahasa Jerman oleh Einstein pada tahun 1946 kepada fisikawan Amerika Polandia Ludwik Silberstein.

Baca Juga: Kisah di Balik Pose Ikonik Menjulurkan Lidah Albert Einstein yang Berulang Tahun Hari Ini

Tulisan persamaan ini dimasukkan dalam sebuah surat tulisan tangan dalam bahasa Jerman oleh Einstein pada tahun 1946 kepada fisikawan Amerika Polandia Ludwik Silberstein.
RR Auction

Tulisan persamaan ini dimasukkan dalam sebuah surat tulisan tangan dalam bahasa Jerman oleh Einstein pada tahun 1946 kepada fisikawan Amerika Polandia Ludwik Silberstein.

Di dalam surat tersebut, Einstein menghitung perbedaan massa antara sistem dua massa yang sama (diwakili oleh M) yang jaraknya nggak terbatas dari yang lain.

Kemudian, Einstein melanjutkan persamaan, menghitung dua massa yang sama pada jarak tertentu (R) terpisah dan mengorbit pusat massa.

Walaupun kedengarannya rumit, Einstein merasa bahwa itu bukanlah soal yang terlalu sulit, dan ini dapat “dijawab dari rumus E=mc2 tanpa pengetahuan apa pun.”

Silberstein yang dikenal sebagai kritikus atas karya Einstein dan fisikawan ini pun menyimpan surat tersebut dalam arsipnya sendiri.

Baca Juga: Sering Dengar Kata Mudik? Ini Asal Usul Katanya yang Wajib Diketahui

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest