Follow Us

Patung Nggak Keliatan Ini Laku Seharga Rp 279 Juta, Katanya DIbuat Pake Udara dan Roh

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 04 Juni 2021 | 17:50
Salvatore Garau
salvatore_garau/Instagram

Salvatore Garau

HAI-Online.com – Mungkin hanya seseorang yang punya jiwa seni luar biasa yang bersedia membayar karya Salvatore Garau, seniman asal Italia yang menjual patung tak terlihat seharga 18.000 dollar Amerika atau setara Rp 279.900.000.

Sang seniman beralasan, karya bernama Io Sono (I am) ini memang nggak berwujud dalam bentuk material, tetapi ‘kekosongan’.

“Ini terbuat dari udara dan roh. Ini adalah karya yang meminta kalian mengaktifkan energi imajinasi, sebuah energi yang semua orang miliki bahkan bagi mereka yang tak berpikir mereka memilikinya,” ujarnya dalam keterangan pada video yang ia unggah di akun Instagramnya.

Baca Juga: Keren Banget! Kakek Ini Bikin Lukisan Masterpiece Pake Microsoft Excel

Melansir HypeArt, seniman 67 tahun tersebut mengungkapkan,”Ruang hampa tidak lebih dari ruang yang penuh energi, dan bahkan jika kita mengosongkannya dan tidak ada yang tersisa, menurut prinsip ketidakpastian Heisenberg, 'tidak ada' yang memiliki bobot.”

“Oleh karena itu, ia memiliki energi yang terkondensasi dan berubah menjadi partikel, yaitu menjadi kita. Sama seperti bagaimana kita ‘membentuk Tuhan yang belum pernah kita lihat’,” jelasnya.

Ia pun memberikan tata cara khusus bagi pembeli yang berminat pada karyanya.

Menurutnya, patung ini harus ditampilkan di tempat seluas 5x5 kaki di ruang pribadi yang bebas dari penghalang di mana pencahayaan dan kontrol iklim nggak diperlukan.

Baca Juga: Dikira Pameran Interaktif, Lukisan Graffiti Senilai Rp 7 Miliar Lebih Dicoret-coret Begitu Aja!

Meskipun orang-orang nggak dapat melihatnya, Garau menegaskan patung ini memang benar-benar ada. Ia bahkan menyertakan sertifikat otentikasi kepada pembeli. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest