Follow Us

Daftar 5 SMA Terbaik di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur Berdasarkan Nilai UTBK 2020

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 02 Juni 2021 | 12:15
SMA BPK 1 Penabur Bandung menjadi salah satu dari lima SMA terbaik di Bandung berdasarkan nilai UTBK 2020.
penabur.sch.id

SMA BPK 1 Penabur Bandung menjadi salah satu dari lima SMA terbaik di Bandung berdasarkan nilai UTBK 2020.

HAI-Online.com – Bisa bersekolah di sekolah favorit merupakan impian sebagian pelajar di Indonesia.

Di masa-masa jelang tahun ajaran baru seperti saat ini, memilih sekolah tujuan menjadi hal yang penting dilakukan sebelum, termasuk bagi kalian calon pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dari sekian banyak urutan SMA terbaik di Indonesia, HAI bakal bagiin nih beberapa SMA terbaik di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur berdasarkan nilai UTBK 2020.

Baca Juga: Baru Buat Pelajar Online, Adjar.id Portal Baru dari Kompas Gramedia Punya Konten Pengetahuan Umum dan Pelajaran Sekolah yang Menarik

Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih menyatakan, pada UTBK 2020 diikuti sebanyak 662.404 peserta.

Sedangkan jumlah siswa yang ikut berasal dari 21.302 sekolah. Berdasarkan hasil itu, ada 1.000 daftar SLTA terbaik diurut berdasarkan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2020.

Dia menjelaskan, rerata nilai TPS peserta dihitung berdasarkan rerata dari nilai 4 sub tes, yaitu kemampuan kuantitatif, kemampuan memahami bacaan dan menulis, memahami kemampuan penalaran umum dan pengetahuan pemahaman umum.

Baca Juga: Daftar 5 SMK Terbaik Berdasarkan Nilai UTBK 2020 di Jabar, Jateng dan Jatim

Nah berdasarkan penilaian itu, ada beberapa SMA terbaik di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur menurut rerata nilai UTBK 2020.

Peringkat itu bisa menjadi patokan bagi orangtua atau siswa yang akan memilih SMA di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur biar nggak salah pilih.

Berikut beberapa SMA terbaik di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang masuk pemeringkatan top 1.000 SLTA dengan rerata nilai UTBK 2020 paling tinggi, berdasarkan rangkuman LTMPT.

SMA terbaik di Jawa Barat

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest