Follow Us

Kalo Nggak Kenal Band Ini, Ahmad Dhani Nggak Bakal Bisa Bikin Lagu Keren

Mohammad Farras Fauzi - Rabu, 26 Mei 2021 | 15:00
Ahmad Dhani
HAI

Ahmad Dhani

HAI-ONLINE.COM - Sosok Ahmad Dhani Prasetyo atau yang lebih akrab disapa dengan nama panggung Ahmad Dhani adalah seorang yang nggak bisa dilupakan di belantika musik Indonesia lewat kiprah dan aksi-aksi kontroversialnya.

Komentar-komentar Ahmad Dhani di berbagai isu baik isu sosial, politik, ataupun musik belakangan ini memang kerap mengundang banyak reaksi dari netizen Indonesia. Dari semua kontroversinya tersebut, pelabelan Ahmad Dhani sebagai salah satu maestro dan produser musik terbaik di Indonesia tentu nggak bisa dielakkan.

Lagu-lagu evergreen ciptannya bersama Dewa 19 ataupun proyek solonya di Ahmad Band seperti 'Kangen,' 'Aku Milikmu,' ataupun 'Aku Cinta Kau dan Dia,' dan juga 'Ode Buat Extrimist' - yang meski telah berumur - masih dapat dinikmati oleh semua khalayak hingga saat ini.

Baca Juga: Ahmad Band Kembali dengan Personel Baru, Ada Yoyo 'Padi' di Drum

Selain bakat dan kuping yang bagus, tentu ada inspirasi utama di balik kejeniusan Ahmad Dhani dalam meramu sebuah mahakarya musik yang melegenda. Melalui Kompas, Ahmad Dhani mengaku dirinya sangat mengidolakan band legendaris dari Inggris, Queen.

Pentolan grup Dewa 19 ini mengemukakan, dirinya mulai menyukai Queen pada 1980 setelah menonton film Flash Gordon. "Saya waktu itu ngotot dengan kebenaran yang saya miliki. Menurut saya, band yang paling benar itu ya cuma Queen," ujar Ahmad Dhani dalam video yang diunggah Video Legend (4/3/2020).

Saat itu dirinya masih berusia 8 tahun dan menonton film tersebut bersama kakak-kakaknya. Queen didaulat menjadi pengisi soundtrack film Flash Gordon. Dari situlah, Ahmad Dhani mulai mengenal dan jatuh cinta pada sekelompok gondrong asal Inggris bernama Queen.

"Semenjak itu saya jatuh cinta dengan Queen, saya beli album soundtrack-nya bahkan." "Selain Queen, saya juga mendengarkan musik-musik yang digemari orang tua umumnya pada saat itu seperti Frank Sinatra, The Beatles, dan Tom Jones. Namun hanya Queen yang berhasil membuat saya jatuh cinta," ujarnya tegas dengan gaya khas Ahmad Dhani.

Bukan fakta yang mencengangkan dan sudah menjadi rahasia umum memang kalo Ahmad Dhani memang telah lama mengaku dirinya sangat mencintai Queen. Tapi bisa nggak kalian bayangin kalo Ahmad Dhani nggak nonton film Flash Gordon dan mengenal Queen di tahun 1980 tersebut? Besar kemungkinan Dewa 19 nggak akan pernah terbentuk dan menjadi legendaris seperti sekarang.

Baca Juga: Ahmad Dhani: Ciri Musik Awet itu Liriknya Lugas Tapi Bermakna

Jika ditarik dari garis karyanya, perlu diingat era-era pertama Dewa 19 seperti dalam album 'Format Masa Depan' yang memiliki vibe yang kental dengan progresi lagu layaknya Queen.

Queen, pemahaman musik, telinga yang "bagus", serta pemilihan personel yang tepat adalah resep utama bagi Ahmad Dhani untuk menciptakan karya-karya yang sustainable.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest