Follow Us

Viral Foto Truk Umbrella Corporation, Apa Ada Kaitannya dengan Zombie dan Vaksin?

Ferry Budi Saputra - Selasa, 25 Mei 2021 | 14:30
Foto Truk Umbrella Corporation di TikTok
Tangkapan Layar TikTok

Foto Truk Umbrella Corporation di TikTok

HAI-Online.com – Viral di TikTok foto truk bertuliskan “Umbrella Corporation”. Apa ada kaitannya dengan zombie dan virus?

Baca Juga: Modder Ubah Zombie Jadi Barney di Demo Resident Evil: Village, Bikin Nggak Seram Lagi

Foto truk bertuliskan "Umbrella Corporation" tersebut diunggah oleh akun TikTok @jill.dan4beban. Pada postingan tersebut terlihat tulisan dalam gambar yang mengatakan bahwa truk berisi vaksin Covid-19 yang sedang didistribusikan.

Foto truk dengan tulisan "Umbrella Corporation" ini langsung menyita banyak perhatian netizen. Bahkan, nggak sedikit yang ikut berkomentar. Kebanyakan bilang mereka nggak siap kalau memang benar adanya, jika zombie masuk ke Indonesia.

Melansir dari Kompas.com, ditelusuri menggunakan Google Image, postingan dengan gambar tersebut ternyata identik dengan unggahan akun Facebook FNN yang sebelumnya diposting pada 6 Juli 2020. FNN adalah Fake News Network, grup ini adalah grup yang kerap memproduksi informasi palsu yang bertujuan menciptakan cerita satir atau humor.

Baca Juga: Viral Ibu-ibu Pengunjung Cafe Sengaja Rusak Instalasi Seni Demi Konten Foto Anjingnya lalu Pergi Gitu Aja

Unggahan FNN terkait dengan gambar tersebut bertuliskan: “Lebih dari 300 truk meninggalkan wilayah Arklay kemarin untuk membagikan vaksin COVID-19 Sejak wabah Virus Corona, Presiden Oswell Spencer dari Umbrella Corporation ' s Pharmaceutical Research Facility mendedikasikan semua sumber daya untuk melawan virus.

Setelah 3 bulan vaksin sukses diproduksi massal dan distribusi dimulai hari ini. Sementara banyak yang takut biaya akan sangat besar. Juru bicara Umbrella Corporation Alfred Wesker menyatakan, 'vaksin akan gratis untuk semua orang. Tapi perlu diketahui bahwa ada beberapa efek samping yang tidak biasa untuk minggu pertama, jadi harap tetap di rumah’.

Wesker tidak terlalu banyak menjelaskan efek samping yang ia sebutkan bahwa orang-orang kemungkinan akan kesulitan tidur dan menambah kelaparan.

Vaksin saat ini sedang didistribusikan di seluruh pantai timur bergerak ke arah barat. Wesker percaya bahwa vaksin akan didistribusikan sepenuhnya pada bulan September,” tulisnya. Adapun informasi tersebut adalah palsu karena penyebutan wilayah Arklay maupun sosok Oswell Spencer dan Aferd Wesker, adalah nama tempat dan tokoh dalam game Resident Evil.

Selain itu, foto itu merupakan gambar editan yang diunggah tahun 2012. Gambar truk bertuliskan “Umbrella Corporation” sendiri setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut identik dengan unggahan gambar yang diunggah di situs Deviantart.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest