Follow Us

Biar Nggak Salah Komen dan Dianggap Ofensif, Remaja Perlu Tahu Dasar Konflik Israel-Palestina

Bagas Rahadian - Selasa, 18 Mei 2021 | 12:44
Bella Hadid saat ikut aksi membela Palestina.
Dawn Images

Bella Hadid saat ikut aksi membela Palestina.

HAI-Online.com - Konflik Israel dan Palestina semakin menjadi perhatian oleh masyarakat di banyak negara sejak beberapa minggu terakhir.

Di timeline sejumlah media sosial sih, memang tampak lebih banyak warganet yang mendukung masyarakat Palestina dan mengecam Israel dalam konflik tersebut.

Bahkan, seperti yang terekspos sejauh ini oleh banyak media, banyak figur publik yang juga terang-terangan mendukung pembebasan Palestina, antara lain seperti artis Bella Hadid hingga band rock Rage Against The Machine.

Baca Juga: 5 Band dan Musisi yang Terang-terangan Mendukung Palestina, Bahkan Sampai Ogah Manggung di Israel

Namun, beberapa hari lalu, malah kedapetan insiden seorang pemuda di Lombok Barat yang terjerat kasus hukum lantaran ikut berkomentar soal isu ini. Kabarnya, pemuda 23 tahun berinisial HL itu bikin konten yang tak pantas di platform TikTok yang ditujukan ke masyarakat Palestina

Dalam video itu, HL mengenakan kaos hitam menari diiringi musik dengan lirik yang tidak pantas yang ditujukan kepada Palestina. Akibat konten tersebut, HL terancam dijerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Nah, tentunya kita nggak mau kejadian kayak gitu menimpa siapapun. Untuk itu, semua orang, terutama kalangan muda, yuk senggaknya paham dulu soal isu Palestina-Israel yang sejatinya sensitif di kalangan masyarakat saat ini.

Baca Juga: Bella Hadid Dukung Palestina dan Teriak Palestine Will Be Free, Israel: Dasar Nggak Tau Malu

Latar belakang konflik

Awal konflik Palestina dan Israel terjadi pasca Perang Dunia I. Di mana Inggris sebagai pemenang Perang Dunia I memberikan wilayah kepada bangsa Yahudi melalui Deklarasi Balfour (1917).

Dari peristiwa ini, bangsa Yahudi menganggap bahwa kawasan Palestina adalah tanah air mereka.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest