Follow Us

ITB Gratiskan Biaya UKT Seleksi Mandiri 2021 bagi Pendaftar dengan KIP-K

Ferry Budi Saputra - Rabu, 05 Mei 2021 | 13:00
Institut Teknologi Bandung
ITB

Institut Teknologi Bandung

HAI-Online.com - Pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2021 sudah dibuka mulai Senin (3/5/2021). Jalur Seleksi Mandiri menjadi kesempatan lebih bagi siswa lulusan SMA baik WNI dan WNA untuk dapat mengikuti pendidikan program sarjana di ITB.

Baca Juga: Kabar Gembira, Daftar SIMAK UI Bisa Gunakan KIP Kuliah, Ini Syaratnya!

Informasi dari laman resmi ITB, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Jaka Sembiring mengatakan ITB memberikan pembebasan biaya pendaftaran bagi pendaftar dengan KIP-K atau keluarga kurang mampu setara dengan kriteria syarat KIP-K.

"Calon mahasiswa dapat dengan mengunggah kartu KIP-K atau keterangan tidak mampu,” kata Jaka seperti dilansir dari laman ITB, Senin (3/5/2021).

Selain biaya pendaftaran, Jaka menegaskan bahwa ITB juga akan memberikan pembebasan Uang Kuliah Tunggal bagi calon mahasiswa kurang mampu yang lolos seleksi.

“Pertimbangan prestasi akademik yang tinggi adalah kriteria utama dan satu-satunya dalam proses penerimaan mahasiswa baru di ITB,” tegasnya.

Meski jalur Seleksi Mandiri ITB dirancang sebagai skema penerimaan mahasiswa baru program sarjana tanpa subsidi. Jaka menegaskan pembebasan biaya pendaftaran dan kuliah bagi mahasiswa kurang mampu menunjukkan langkah ITB membuka kesempatan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun berprestasi tinggi.

Baca Juga: Kuliah di ITB lewat Seleksi Mandiri Bisa Gratis UKT, Gimana Caranya?

Selain terbukanya kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu, jalur Seleksi Mandiri juga memberikan bentuk keringanan lain pada mahasiswa lain yang lolos seleksi.

“Dalam hal pembayaran Uang Kuliah Tunggal, ITB memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukannya secara mencicil,” lanjut Jaka.

Calon mahasiswa juga dapat memilih langsung program studi yang diinginkan, “Seluruh program studi menerima penerimaan jalur Seleksi Mandiri, kecuali program studi di ITB Kampus Cirebon. Hal ini dalam rangka insentif bagi program studi di ITB Kampus Cirebon,” papar Jaka.

Lebih lanjut, Jaka juga menjelaskan bahwa seleksi dilakukan berdasarkan nilai UTBK 2021 dan nilai rapor SMA semester 1-6, “Khusus FSRD, akan dilakukan ujian gambar yang akan dilaksanakan pada 14 Juni 2021,” kata dia.

Baca Juga: Beasiswa S1 Pelaku Seni Budaya LPDP Dibuka, Ini Syarat Lengkapnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "ITB Gratiskan Biaya UKT Seleksi Mandiri 2021 bagi Mahasiswa Kurang Mampu"

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest