Follow Us

Berusia 2 Juta Tahun! Begini Penampakan Rumah Tertua dalam Sejarah Manusia?

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 13 Mei 2021 | 13:25
Pintu masuk Gua Wonderwerk di Gurun Kalahari, yang menjadi rumah tertua manusia purba.
Wonderwerk Cave Project

Pintu masuk Gua Wonderwerk di Gurun Kalahari, yang menjadi rumah tertua manusia purba.

HAI-Online.com – Kalian pernah membayangkan bagaimana tempat tinggal manusia purba yang hidup jutaan tahun silam?

Pertanyaan ini mulai terjawab saat sekelompok arkeolog menemukan rumah tertua dalam sejarah manusia modern beserta manusia purba yang sudah punah atau yang kita kenal sebagai hominin.

Namun jangan kira tempat tinggal tersebut berbentuk bangunan karena rumah prasejarah yang ditemukan ini adalah sebuah gua, yang bernama Gua Wonderwerk di Gurun Kalahari yang berlokasi di Afrika bagian selatan.

Baca Juga: Produser Film Termuda, Cewek 15 Tahun Ini Dapat Guinness World Records

Nah menariknya, rumah itu telah ditempati kurang lebih selama dua juta tahun. Bahkan selama sebagian besar waktu itu, manusia modern belum ada.

Para arkeolog telah menemukan bukti bahwa manusia purba hidup di dalam gua itu sekitar 2 juta tahun yang lalu. Mereka juga menemukan penggunaan api paling awal pada satu juta tahun lalu dan kapak tangan paling awal selama lebih dari satu juta tahun lalu.

Baca Juga: Sejarah Catur: Dari Salah Satu Permainan Tertua hingga Masuk Indonesia

Temuan ini telah dilaporakan oleh Ron Shaar, Ari Matmon, Liora Kolska Horwitz, Yael Ebert, dan Michael Chazan dalam jurnal Quaternary Science Reviews, sebagaimana dikutip National Geographic Indonesia.

"Meski begitu, tidak jelas secara 100 persen manusia purba mana yang tinggal di gua itu. Tidak ada sedikit pun tulang manusia, tidak satu gigi pun, yang pernah ditemukan di sana selama hampir seabad penggalian gua tersebut," kata Horwitz seperti diberitakan Haaretz.

Berbeda dengan gua-gua Gulungan Laut Mati, gua yang satu ini berada di permukaan tanah sehingga kalian nggak perlu turun dari puncak tebing untuk sampai ke sana. Selain itu, nggak ada yang masuk secara nggak sengaja untuk memasuki gua ini. Gua Wonderwerk juga terlalu luas untuk menyembunyikan satu atau dua mayat.

Namun selama dua juta tahun, para peneliti menegaskan, hominin dengan jelas menggunakan gua ini dan menggunakan perkakas di sana dan makan di sana.

Para arkeolog menyebut, ini adalah penggunaan alat yang paling awal diketahui dilakukan di bawah "atap", bukan di udara atau ruang terbuka.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest