Follow Us

Selama Ini Kita Menyebut Pisang adalah Buah, Ternyata Sayur pun Bukan, Ini Jawabannya...

Al Sobry - Sabtu, 24 April 2021 | 09:43
Selama Ini Kita Menyebut Pisang adalah Buah, Ternyata Sayur pun Bukan, Ini Jawabannya...

Selama Ini Kita Menyebut Pisang adalah Buah, Ternyata Sayur pun Bukan, Ini Jawabannya...

HAI-Online.com - Pisang oh pisang, sudah selama ini kita mengonsumsinya sebagai sumber energi dan cemilan sehat karena masuk ke dalam bagan 4 sehat 5 sempurna yang sejak dulu kala kita hafalkan di sekolah.

Telah banyak jurnal yang belum bisa menjelaskan termasuk ke dalam kelompok apa pemilik nama ilmiah Musa Sapientum ini yang artinya buah orang bijak. Mari kita telaah kebijaksanaan pisang!

Apakah ia betul kategori buah, atau justru sayuran, rempah bahkan rumput?

Ternyata, pisang bukanlah buah jika menelaah dari pohonnya. Apa yang selama ini kita sebut sebagai “pohon pisang”, bukan sepenuhnya pohon karena batang pisang tidak memiliki sifat yang dimiliki oleh pohon yaitu serat kayu.

Banana

Banana

Dari situ sekelompok botanis sepakat menolak pisang adalah buah, jika melihat cirinya, pisang termasuk ke dalam kelompok berry.

Sebuah stasiun siaran di Amerika Serikat, PBS secara tegas mengatakan bahwa pisang sebenarnya bukan buah, meskipun orang-orang berpikir demikian.

Menurut keterangan PBS, pohon pisang lebih mungkin digolongkan ke dalam jenis rempah-rempah.

Baca Juga: Selama Ramadan, 30 Ribu Masjid Dijaga Tetap Higienis dan Bersahaja Lewat Gerakan Masjid Bersih Unilever

Hal itu dikarenakan batang pohon pisang bukanlah batang kayu yang kokoh, melainkan lebih rapuh, segar, dan berair, mirip dengan tanaman jahe.

Namun jika menggunakan metode penggolongan buah dan sayur, pisangnya sendiri lebih tepat disebut sebagai buah-buahan karena tidak melulu tumbuh dari tunas tapi juga dari biji. Seperti diketahui bersama, bahwa benih yang tumbuh dari biji, digolongkan ke dalam buah-buahan.

Sementara jika mengambil jantung pisang (bunga pisang) sekelompok orang mengklaim itu bahan untuk disayur alias sayuran.

Wah jadi makin bingung kan? Apapun kesimpulan kamu, pisang mengajarkan bahwa dia adalah tanaman yang unik yang meski sulit dikelompokkan jenisnya apa? Dia tetap hidup dan berbuah hanya sekali serta memberi manfaat mulai dari batang, daun, bunga dan tentu buahnya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest