Follow Us

Minat Masuk UI? Ini Rincian Biaya Kuliah untuk Program S1 Regulernya

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 09 April 2021 | 13:30
Kampus UI
tribunnews.com

Kampus UI

HAI-Online.com – Buat kalian yang berminat kuliah di Universitas Indonesia (UI) tahun ini, kalian perlu tahu nih informasi biaya kuliahnya sebagai persiapan.

Pihak kampus sendiri telah menetapkan tarif UKT bagi Mahasiswa Program Sarjana (S1) Reguler tahun 2021.

Untuk program S1 Reguler, kalian bisa memilih antara Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) atau Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P).

Baca Juga: Mau Jadi Praja IPDN 2021? Cek Nih Syarat Lengkap dan Cara Daftarnya

Meski besaran biaya UKT bisa berbeda, UI menegaskan secara akademis nggak ada perbedaan perlakuan berdasarkan Biaya Pendidikan yang dibayarkan.

UI juga menjamin nggak ada mahasiswa yang dikeluarkan dari UI karena Biaya Pendidikan.

Program S1 Reguler UI sendiri dapat ditempuh melalui 3 (tiga) jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dan Jalur Mandiri S1 Reguler yang pelaksanaannya dengan SIMAK UI.

Program S1 Reguler UI terbatas untuk pendaftar lulusan SMA dan sederajat dengan maksimal 3 tahun kelulusan, contoh SBMPTN 2021 dapat diikuti lulusan tahun 2021, 2020 dan 2019.

Besaran biaya UKT UI 2021 dengan "BOP Pilihan"

BOP Pilihan sendiri adalah mekanisme pembebanan Biaya Pendidikan yang ditentukan sendiri oleh penanggung biaya pendidikan didasarkan pada semangat untuk berpartisipasi dalam pengembangan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas di UI.

Calon mahasiswa baru dapat memilih besaran biaya pendidikan sesuai dengan pilihan yang telah disediakan. Setelah memilih besaran biaya pendidikan pada BOP Pilihan, mahasiswa dapat langsung melakukan proses pembayaran Biaya Pendidikan.

Prosedur untuk BOP Pilihan, yaitu:

Source : KOMPAS.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular