Follow Us

Kecerdasan Buatan Bikinin 'Lagu Baru' dari Nirvana, Judulnya 'Drowned in the Sun'

Bagas Rahadian - Selasa, 06 April 2021 | 13:05
Nirvana
Press

Nirvana

HAI-Online.com - Band rock Nirvana memang udah lama hilang dari peredaran. Meski karya-karyanya memang everlasting.

Sepanjang kipranya, band yang mempelopori skena musik grunge ini telah menelurkan empat buah album utama. Sewaktu mastermind band ini yakni Kurt Cobain meninggal dunia pada tahun 1994, harapan fans buat dengerin karya baru Nirvana pun langsung pupus.

Baca Juga: Bedah Surat Bunuh Diri Kurt Cobain di 27 Tahun Kematiannya, 5 April Hari Ini

Sampai pada tahun 2021, ketika sebuah 'lagu baru Nirvana' dikabarkan hadir dari otak sebuah kecerdasan buatan (artificial intelegence).

Yap! Proyek berjudul 'Lost Tapes of the 27 Club' menggunakan software AI untuk membuat lagu dengan gaya musisi yang meninggal pada usia 27 tahun.

Salah satu lagu yang dibikin berjudul "Drowned in the Sun", yang katanya mampu meniru lagu khas yang dibuat Nirvana yang kebanyakan ditulis oleh Kurt Cobain sendiri.

Mengutip dari Rolling Stone, AI bernama Magenta besutan Google ini bekerja dengan menganalisa lagu-lagu Nirvana untuk menghasilkan lirik dan instrumen musik, sedangkan untuk vokal direkam oleh Eric Hogan, vokalis dari band tribute Nirvana.

Baca Juga: Ketika Legenda Grunge Nekat Ngelawan Rusuhnya Para Fans Metal, Lempar Barang ke Muka Fans, Ujung-ujungnya Malah Dapet Respect

Nggak cuma Nirvana, AI ini juga bikini lagu yang seolah menjadi karya baru dari Amy Winehouse, The Doors, dan Jimi Hendrix.

Kabarnya juga nih, Lost Tapes of the 27 Club digagas oleh organisasi asal Kanada bernama Over the Bridge, yang membantu anggota industri musik berjuang dengan penyakit mental. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest