Follow Us

Ketiduran di Atas Gunung Es, Walrus Ini Nyasar Sampai Irlandia

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 24 Maret 2021 | 18:27
Seekor walrus muda terdampar di Pulau Valentia, Irlandia.
Twitter

Seekor walrus muda terdampar di Pulau Valentia, Irlandia.

HAI-Online.com – Seekor walrus ditemukan tengah terapung di pantai Irlandia pada 14 Maret 2021. Hal itu menjadi membuat warga setempat keheranan karena hewan kutub itu diketahui emang hanya hidup di wilayah gunung es.

Walrus malang yang terapung di wilayah tersebut diduga berasal dari Lingkaran Arktik setelah tertidur di atas gunung es.

Adalah Muireann, gadis berusia 5 tahun yang pertama yang melihat keberadaan walrus yang tampak menyedihkan tersebut.

Saat itu ia sedang jalan-jalan bersama ayahnya, Alan Houlihan, di Pulau Valentia di County Kerry.

"Awalnya saya pikir itu anjing laut, lalu kami melihat gadingnya," kata Houlihan, seperti dikutip Live Science dari IrishCentral.

"Dia seperti melompat ke atas batu. Dia sangat besar. Dia seukuran banteng atau sapi, ukurannya cukup mirip dengan itu; dia besar, besar."

Baca Juga: Siapa Sangka, Milenial dan Gen Z Ternyata Lebih Pusing Sama Finansial dibanding Politik

Sebagian besar walrus (Odobenus rosmarus) tinggal di dekat Lingkaran Arktik, Kutub Utara, tempat mereka berburu kerang di perairan dangkal dan memanjat gunung es dan pantai untuk beristirahat.

Makhluk besar ini sangat jarang muncul di sepanjang garis pantai Irlandia.

Stasiun televisi dan radio publik Irlandia RTÉ melaporkan, penampakan walrus pertama yang tercatat di sana terjadi pada tahun 1897, tetapi nggak ada walrus lain yang terlihat sampai tahun 1980-an.

Berdasarkan laporan, Walrus terdampar yang terlihat di Pulau Valentia itu sendiri diperkirakan masih cukup muda, berdasarkan panjang taring hewan tersebut.

Taring walrus dewasa dapat tumbuh sepanjang 3,3 kaki (1 meter), sedangkan taring walrus yang baru terlihat memiliki panjang sekitar 12 inci (30 sentimeter).

Source : Live Science

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest