Follow Us

HAI Demos: Orkes Kedai Sarinah Sajikan Musik Pop Klasik Indonesia

Mohammad Farras Fauzi - Rabu, 24 Maret 2021 | 21:30
Orkes Kedai Sarinah
Orkes Kedai Sarinah

Orkes Kedai Sarinah

HAI-ONLINE.COM - Indonesia yang diberkahi oleh keberagaman musik yang berkembang selama beberapa dekade hingga ratusan tahun lalu adalah sebuah anugerah yang tentu dinikmati oleh penikmat musik tanah air dan mancanegara.

Pada era 1950 hingga 1960-an, Indonesia yang masih baru terbentuk sebagai negara merdeka merasakan kebebasan awal untuk mengeksplor musik pop, tentu saja masih sangat terpengaruh oleh budaya kolonialisme oleh Eropa.

Beberapa musisi kawakan seperti The Tielman Brothers, Oslan Husein, Bing Slamet, Sam Saimun, dan tentu sang maestro Ismail Marzuki, menjadi primadona yang digemari di kota-kota besar Nusantara.

Nama-nama di atas secara unik dijadikan sebagai poros dan inspirasi utama dari anak-anak muda asal Bekasi yang memproklamirkan grup musik mereka sebagai Orkes Kedai Sarinah.

Mengedepankan sajian musik pop klasik Nusantara yang memiliki irisan kuat dengan kritik berbungkus jenaka, Orkes Kedai Sarinah menggambarkan sajian musik pop yang sangat cocok diputar di kopitiam yang tersedia di kota besarmu sejak awal abad 20.

Secara unik, Orkes Kedai Sarinah yang terdiri dari Fadhilonn di vokal, Gearda di gitar, Ersandy di saxophone dan Rayhan di drum berhasil membungkus nada riang nan jenaka khas musik pop klasik Nusantara / Melayu dengan fenomena dan isu sosial terkini yang dituangkan dalam judul-judul lagu mereka seperi "Ah Pusing!", "Asuransi" dan "Aplikasi Jodoh".

Baca Juga: HAI Demos: Fleuro Gambarkan Dinginnya Kesedihan dari Panas Surabaya

Ketiga single tersebut dibungkus dengan video musik yang menampilkan para personel berdendang bersama dengan instrumen mereka. Jika saja klip pada lagu-lagu ini bisa dikonsep yang sejalan dengan gaya musik yang mereka usung, Orkes Kedai Sarinah akan menjadi unit musik berbahaya yang wajib diantisipasi.

Kemampuan mereka dalam meramu isu terkini yang disiratkan masih perlu digambarkan melalui visualisasi yang ciamik. Spoken words dan beberapa dialog yang kerap dimunculkan pada lagu mereka juga masih sering menggunakan slang bahasa Indonesia modern - tentu saja ini dapat mengganggu kekhusyukan pendengar - yang mengharapkan terbawa pada suasana retrospektif yang mereka bawa.

Namun terlepas dari hal tersebut, Orkes Kedai Sarinah dengan eksplorasi sound dan aransemen mereka adalah penyegar yang dapat membawa kita pada kejayaan musik pop di Indonesia dengan sentuhan masa kini.

Simak video musik "Asuransi" dari Orkes Kedai Sarinah di bawah:

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest