Follow Us

5 Rekomendasi Grup Dangdut Modern, Ramah di Kuping Anak Muda Indonesia

Mohammad Farras Fauzi - Jumat, 19 Maret 2021 | 15:30
Feel Koplo
Dok. Feel Koplo / Microgram Entertainment

Feel Koplo

HAI-ONLINE.COM - Musik dangdut telah berkembang lama di Indonesia sejak puluhan atau ratusan tahun lalu.

Berakar utama dari pengaruh musik Timur Tengah - Mediterania (termasuk wilayah Persia, Turki, dan sekitarnya), India, dan juga Melayu; musik dangdut telah bersumbangsih besar terhadap industri dan dinamika musik nasional.

Baca Juga: Reality Club Ngasih Teaser Single Baru Mereka bareng Bilal Indrajaya

Sosok legendaris seperti Rhoma Irama, Alm. Meggy Z dan para biduan seperti Iis Dahlia ataupun Inul Daratista bagaimanapun membentuk pasar lokal yang sangat masif di berbagai daerah Indonesia.

Perkembangan musik dangdut di Indonesia sendiri telah melampaui berbagai pengaruh dan kondisi, yang turut mempengaruhi variasi musik dan pangsa pendengar yang majemuk.

Di era milenium, terutama era 2010-an akhir, musik dangdut mulai mengalami pergeseran stigma dengan banyaknya aktor yang terlibat untuk memperjuangkan dangdut agar bisa diterima di masyarakat luas.

Peran biduan millenial seperti Ayu Ting Ting, Via Vallen dan Nella Kharisma juga turut membantu misi ini. Menyambung hal tersebut, HAI udah nyiapin nih 5 rekomendasi grup dangdut modern yang ramah di kuping anak muda Indonesia.

NDX AKA

NDX AKA
Instagram / @ndxakatv

NDX AKA

Berdasarkan artikel dari grid.id, grup ini digawangi dua anak muda, Yonanda Frisa Damara dan Fajar Ari dari Imogiri, Kabupaten Bantul, D.I Yogyakarta. NDX merupakan singkatan dari Nanda Extreme, motor utama, penyanyi dan penulis lagu-lagu NDX A.K.A.

Video perdana mereka “Bojoku Digondol Bojone” meruapakan batu loncatan pertama NDX di tahun 2014.

Dari situlah publik mulai mengenal lagu-lagu NDX. Bermodal pemutar mp3 dari laptop dan dua mic, mereka mampu membuat ribuan pendengar setia mereka sing a long di lantai dansa.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest