Follow Us

Setelah 28 Tahun Jadi Putri, Anggota TNI-AD Aprilia Manganang Bakal Perbaiki Penisnya

Al Sobry - Rabu, 10 Maret 2021 | 12:30
Setelah 28 Tahun Jadi Putri, Anggota TNI-AD Aprilia Manganang Resmi Berubah Status Jadi Laki-Laki

Setelah 28 Tahun Jadi Putri, Anggota TNI-AD Aprilia Manganang Resmi Berubah Status Jadi Laki-Laki

HAI-Online.com - Mantan atlet voli putri, Aprilia Manganang yang pernah viral di Asean Games 2018 lantaran berbadan kekar dan memiliki bentuk wajah seperti pria, kini telah resmi berubah status menjadi laki-laki.

Kabar Serda Aprilia Manganang menjadi pria ini tengah ramai diperbincangkan lantaran TNI AD selaku institusi tempatnya bekerja telah memastikan bahwa prajuritnya itu adalah pria.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa secara resmi mengumumkan perubahan identitas diri Aprilia Manganang ke publik luas dengan berbagai alasan medis.

Baca Juga: Viral Sekelompok Remaja Rusak Fasilitas Hotel, Ngaku Udah Bayar Rp3 Juta Jadinya Bebas

Dikutip dari KompasTV, temuan berubahnya identitas serda Aprilia Mangananh diumumkan setelah mendapatkan hasil uji dari tim dokter di RSPAD Gatot Subroto.

Bersama tim dokter RSPAD Gatot Soebroto, Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan sejak lahir Aprilia Manganang memang berjenis kelamin laki-laki. Namun ia mengalami kelainan medis yang disebut hipo-spadia.

Jenderal Andhika menyebut kelainan yang dialami Serda Aprilia baru diketahui pada 3 Februari lalu setelah Aprilia bersedia untuk diperiksa tim dokter RSPAD Gatot Subroto.

"Dari hasil pemeriksaan itu, ternyata bahwa dilihat dari pemeriksaan urologi (cek lagi) ternyata bahwa Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki-laki, bahkan tidak ada organ internal jenis kelamin wanita," ujar Andika.

Maka dari itu, dipastikan Aprilia memang berjenis kelamin laki-laki. Namun lantaran kurang pengetahuan, saat dilahirkan orang tua dan paramedis di kampung Aprilia memutuskan salah satu prajuritnya yang juga atlet bola voli ini sebagai perempuan.

Baca Juga: Aprilia Manganang Bersyukur Usai Dipastikan sebagai Laki-laki

Meski ada kontroversi soal ini, Andika mengakui perekruitan Aprilia Manganang pada medio 2016 silam diloloskan karena jalur khusus, prestasi.

Andika mengungkapkan, kala itu TNI AD kepincut dengan segudang prestasi yang ditorehkan Aprilia Manganang melalui dunia bola voli.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular