Follow Us

5 Rekomendasi Band Industrial Indonesia Buat Lo Fans Marilyn Manson

Bagas Rahadian - Rabu, 10 Maret 2021 | 18:00
Koil
Dok. HAI

Koil

HAI-Online.com - Industrial rock ataupun metal memang menjadi genre yang cukup tua di roots metal. Sepanjang sejarah permusikan di Indonesia, sejak tahun 90an, negeri kita tercatat punya sejumlah band (yang umumnya muncul dari skena underground) yang mengusung musik industrial.

Buat yang bingung sama 'mahluk' atau genre satu ini, industrial ini sedianya lahir sekitar tahun 1970an, yang diawali maraknya band-band besutan label rekaman asal UK, Industrial Records.

Label ini menetaskan banyak band rock dengan style musik unik dan spesifik, yakni memadukan instrumen yang lazim untuk band rock (gitar elektrik, drum, dan bass) dengan sound effect dari instrumen elektronik seperti sythesizer, sequencers, samplers, dan drum elektrik.

Nama-nama band seperti Ministry, Nine Inch Nails, White Zombie, hingga musisi solo Marilyn Manson kerap dianggap yang membidani genre industrial rock/metal.

Nah, di Indonesia sendiri, siapa aja musisi yang menduduki tahta musik industrial rock/metal? Buat lo yang doyan ngulik hal-hal berbau industrial, berikut HAI kasih rekomendasi band tanah air yang mengusung genre ini.

1. Sic Mynded

Salah satu pembawa bendera musik industrial di Indonesia bisa dibilang adalah band asal Jakarta satu ini.

Band bentukan Oddie Octaviadi dan sutradara kenamaan Rudi Soedjarwo pada 1990-an ini membawa warna khas pada musiknya yang menjadi perpaduan kental antara instrumen elektronik dan distorsi gitar.

2. Getah

Dandadan gothic dan nyentrik a la White Zombie ada di band lokal legendaris satu ini.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest