Follow Us

Legenda Reggae dari The Wailers, Bunny Wailer Tutup Usia di Usia 73

Mohammad Farras Fauzi - Kamis, 04 Maret 2021 | 14:49
Mendiang Bunny Wailer
Wikimedia

Mendiang Bunny Wailer

HAI-Online.com - Legenda reggae Bunny Wailer telah meninggal hari Senin (02/03), seperti dikutip dari The Associated Press. Wailer adalah anggota terakhir dari band reggae ikonik the Wailers, yang ia dirikan bersama dengan Bob Marley dan Peter Tosh pada tahun 1963.

Jamaica Observer melaporkan bahwa tokoh reggae itu menderita stroke pada tahun 2020 dan telah keluar masuk rumah sakit sejak itu yang kemudian sang mendiang harus tutup usia pada usia 73 tahun.

Baca Juga: Smashing Pumpkins Tengah Garap Album Baru untuk Lengkapi Triloginya

Bunny Wailer terlahir dengan nama Neville O’Riley Livingston di Kingston, Jamaika. Dia bertemu Marley ketika mereka masih anak-anak di desa Nine Mile di St. Ann Parrish.

Kemudian, saat dibimbing oleh Joe Higgs di Trench Town, keduanya bertemu Tosh untuk pertama kalinya. Trio ini memulai Wailers dan meminta vokalis Junior Braithwaite dan Beverley Kelso untuk bergabung dengan band.

Wailer adalah salah satu anggota Wailers yang konstan di tengah banyaknya perombakan personel di sepanjang tahun 60-an dan awal 70-an.

Dia bermain drum dan bernyanyi di rekaman klasik Wailers seperti "Catch a Fire" dan "Burnin', yang keduanya dirilis pada tahun 1973. Tak lama kemudian, dia meninggalkan band untuk mengejar karir solo; Bunny Wailer kemudianmengeluarkan album solo debutnya "Blackheart Man" pada tahun 1976.

Baca Juga: Jangan Berlebihan Minum Kopi, Kafein Bisa Bikin Cowok Gampang Menua Lho!

Pada tahun 90-an, Wailer memenangkan tiga Grammy untuk kategori sebagai berikut: Rekaman Reggae Terbaik pada tahun 1991 (Time Will Tell: A Tribute to Bob Marley), Album Reggae Terbaik pada tahun 1995 (Crucial! Roots Classics), dan Album Reggae Terbaik lagi pada tahun 1997 (Hall of Fame: A Tribute to Bob Marley's 50th Anniversary).

Pada tahun 2012, ia dianugerahi penghargaan Order of Jamaica, yang dianugerahkan kepada "setiap warga Jamaika yang sangat terhormat".

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular