Follow Us

Smashing Pumpkins Tengah Garap Album Baru untuk Lengkapi Triloginya

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 03 Maret 2021 | 17:30
Billy Corgan mengatakan Smashing Pumpkins siap merampungkan album barunya.
Sven Mandel/Wikimedia

Billy Corgan mengatakan Smashing Pumpkins siap merampungkan album barunya.

HAI-Online.com - Smashing Pumpkins mengumumkan bahwa mereka telah memulai proses rekaman buat album mereka selanjutnya.

Album baru tersebut dibuat sebagai sekuel untuk album Mellon Collie and the Infinite Sadness (1995) dan Machina (2000).

Dari bocoran yang diunggah Smashing Pumpkins lewat akun Instagramnya, sebuah album berisikan 33 lagu tengah mereka siapkan untuk dirilis dalam waktu dekat ini.

Akun resmi band tersebut mengunggah ulang foto milik frontman Billy Corgan yang menampakkan set drum milik Jimmy Chamberlin di sebuah studio.

Baca Juga: Mendiang Rapper Lil Peep Disamakan dengan Kurt Cobain Karena Hal Ini

Memulai album baru SP hari ini, sekuel berisikan 33 lagu untuk MCIS dan Machina. Lagu-lagu udah ditulis, pun dengan liriknya… jadi sekarang saatnya untuk rekam-rekam-rekam,” tulis akun Smashing Pumpkins pada Selasa (2/3/2021).

Mellon Collie and the Infinite Sadness sendiri saat dirilis pada tahun 1995 merupakan album dobel dengan total memuat 28 trek lagu dengan sejumlah single hits seperti Tonight Tonight, 1979, dan Bullet With Butterfly Wings.

Album tersebut menjadi debut Smashing Pumpkins sebagai pemuncak tangga lagu Billboard hingga diganjar tujuh nominasi penghargaan Grammy.

Baca Juga: Simak Skill Nge-rap Corey Taylor di Single Baru Moonshine Bandits

Melansir Mxdwn dari press release Smashing Pumpkins, kombinasi antara Mellon Collie..., Machina dan album baru ini akan melahirkan sebuah trilogi konseptual yang membawa nuansa opera musik.

“Album baru ini jangan disamakan dengan Machina II, yang juga ‘ditulis sebagai semacam musikal. Tetapi karena ini nggak pernah rampung, album ini seperti syuting sebuah film yang belum diedit,” ungkapnya kepada Radio.com.

Machina II adalah album yang belum selesai yang dibagikan ke internet secara gratis pada tahun 2000. Versi remaster yang juga tengah digarap saat ini bakal memuat 80 lagu, menambahkan 30 lagu baru ke rilisan aslinya.

Sebelumnya pada tahun 2020 lalu, Smashing Pumpkins juga sempat merilis album baru bertitel Cyr pada bulan November. (*)

Baca Juga: Tur My Chemical Romance Ditunda, Frank Iero Ngaku Berasa Aneh

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest