Follow Us

Beberapa Hal Seputar Pengisian Daya Handphone, Mitos atau Fakta?

Fathia Yasmine - Senin, 08 Februari 2021 | 15:40
Ilustrasi smartphone sedang dicas
Shutterstock

Ilustrasi smartphone sedang dicas

Hai-Online.com – Mengecas handphone adalah kegiatan yang sederhana tetapi seringkali bikin waswas. Sebab, kita sering banget mendengar “pantangan” terkait mengecas handphone.

Coba saja lo ingat-ingat, banyak sekali larangan yang sering dilontarkan orang di sekitar kita, seperti jangan kelamaan, jangan sambil dipakai, dan jangan ditinggal tidur.

Ada juga yang menyampaikan dampak buruk dari kebiasaan mengecas tertentu seperti baterai rusak, bahkan meledak. Nah, sebenarnya hal-hal tersebut benar enggak sih? Berikut penjelasannya dirangkum dari Curiousmob.com.

Kebiasaan pinjam charger teman bikin baterai rusak

Ketika baterai handphone habis saat sedang berada di luar rumah dan lupa membawa charger, meminjam punya teman jadi solusi praktis yang sering lo pilih.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Parfum Cowok Brand Lokal Harga di Bawah 200 Ribu

Saat meminjam charger teman, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Ketika meminjam milik teman, ada kemungkinan handphone teman lo beda merek tetapi jenis tipe colokan charger-nya sama.

Nah, ada yang mengatakan bahwa kondisi tersebut membuat baterai handphone lo rusak. Sebenarnya hal itu enggak sepenuhnya benar. Baterai handphone lo bisa rusak kalau muatan listrik charger enggak kompatibel dengan kebutuhan.

Misalnya, voltasenya lebih kecil dari kebutuhan handphone lo sehingga proses mengecas lebih lama. Alhasil, handphone lo panas. Sebaliknya, kalau kebesaran, baterai handphone lo bisa overcharge.

Meski demikian, untuk keamanan sebaiknya lo membawa charger sendiri sehingga kebutuhan pengisian dayanya kompatibel. Selain itu, selalu pakai charger orisinil.

Baca Juga: 7 Attitudes Buat Kamu yang Cari Pacar Lewat Jalur Media Sosial

Mengecas semalaman merusak baterai

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya

Latest