Follow Us

Lagi Asyik Main Game Malah Lowbatt? Begini Cara Ampuh Baterai Tetap Awet

Fathia Yasmine - Senin, 08 Februari 2021 | 16:00
Ilustrasi bermain game
Shutterstock

Ilustrasi bermain game

Hai-Online.com – Hampir setiap kegiatan bisa dilakukan lewat smartphone di era serba canggih seperti sekarang ini.

Smartphone bukan cuma sarana komunikasi saja, melainkan juga menunjang kegiatan-kegiatan yang menjadi passion. Misalnya saja, mobile gaming yang kini tengah digandrungi.

Lo pastinya enggak asing dengan game bertema Battle Royale seperti PUBG, Battle Ops Royal Strike, sampai Point Blank versi mobile yang bisa dimainkan secara gratis di perangkat mobile.

Selain itu, lo juga tidak asing dengan tingkah polah pemain game mobile yang rela mencari wifi kencang di luar rumah, beli paket berkuota besar untuk kelancaran main game, bawa powerbank setebal batu bata, sampai bawa roll kabel ke kafe buat main game sambil mengecas smartphone!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Parfum Cowok Brand Lokal Harga di Bawah 200 Ribu

Semua itu dilakukan demi meminimalisasi gangguan-gangguan yang menjengkelkan selama bermain game, seperti internet lemot, layar patah-patah atau lag, hingga problem yang paling horor yaitu kehabisan baterai.

Khusus baterai, enggak seru banget kalau sedang mabar atau menghadapi saat-saat genting di realm game mobile tiba-tiba smartphone lowbatt dan harus panik untuk segera mengecas. Konsentrasi lo jadi terpecah. Padahal, lo sebentar lagi bisa menang.

Nah, daripada terganggu dengan problem kehabisan baterai, lo bisa mencoba tips berikut. Cara-cara ini bisa membantu smartphone lo menghemat baterai saat digunakan main game.

  • Turunkan resolusi game
Harus diakui, bermain game menggunakan resolusi atau mode tampilan tinggi memang terasa lebih asyik dipandang mata. Berbagai objek seperti senapan, peta, maupun pergerakan musuh bisa terlihat lebih jelas ketika berada di dalam permainan.

Baca Juga: 7 Attitudes Buat Kamu yang Cari Pacar Lewat Jalur Media Sosial

Sayangnya, di balik tampilan permainan yang memanjakan mata, ada kapasitas baterai yang harus dikorbankan. Sebab, prosesor dan RAM akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan kualitas tampilan yang sesuai dengan setelan game yang dimainkan.

Agar baterai tidak cepat habis, ada baiknya lo menurunkan mode tampilan dari mode extreme menjadi mode medium atau high. Jika setelan graphics lo bisa mencapai pilihan ultra HD, pilih mode balanced agar tampilan layar tetap tajam dan tidak banyak menghabiskan baterai.

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya

Latest