Follow Us

Tembus 1 Juta Kasus Covid-19, Indonesia Disorot Media Asing, Negara Paling Terdampak di Asia!

Al Sobry - Rabu, 27 Januari 2021 | 09:22
Illustrasi Virus Corona
Freepict.com

Illustrasi Virus Corona

HAI-Online.com - Belum setahun sejak kasus 01 di Depok pada Maret tahun lalu, kini kasus Covid-19 di Indonesia telah tembus 1 juta pasien.

AFP juga melaporkan, tingkat pengujian/test di Indoensia rendah, kasus infeksi diyakini jauh lebih parah dibandingkan dengan yang ditunjukkan melalui angka.

Media Perancis itu juga mengabarkan bagaimana rumah sakit di Indonesia, tertutama RS rujukan kewalahan dengan kasus infeksi Covid-19. Kabar ini pun menyimpulkan bahwa Indonesia sebagai 'satu negara yang paling terdampak di Asia'.

Media AFP juga mengutip pernyataan pakar epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono yang mengatakan, "Saya pikir kami telah mengalami 1 juta kasus Covid-19 sejak lama."

Riono mengibaratkan, "Kami masih mendaki sebuah gunung dan kami bahkan nggak tahu di mana puncaknya. Ini adalah pendakian yang tiada pernah berakhir."

Kurang Ketat Jaga Jarak

Nggak hanya AFP, media Australia ABC mengabarkan lonjakan kasus infeksi virus corona di Indonesia dengan judul "Indonesia set to pass 1 million coronavirus cases as vaccinations roll out" atau berarti Indonesia lampaui 1 juta kasus virus corona beriringan dengan peluncuran vaksin".

Sedikit berbeda dengan AFP, media ABC menyorot bagaimana pendapat warga Indonesia tentang peraturan di tengah pandemi.

Seorang warga Jakarta, Sabriyanti (42) mengatakan ke ABC bahwa dia berharap pemerintah memberlakukan aturan jarak sosial yang lebih ketat.

"Seharusnya pemerintah lebih tegas, karena kita masih bisa melihat keramaian dan mereka yang nggak memakai masker," ujar Sabriyanti.

Warga lainnya, seorang mahasiswa yang berusia 20 tahun, Muhaimin Zega mengatakan bahwa pemerintah harus memberikan "aturan yang jelas agar masyarakat bisa mengerti."

"Kita nggak bisa menyalahkan semuanya pada rakyat, itu tanggung jawab pemerintah untuk mengendalikan rakyatnya," kata mahasiswa itu.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest