Follow Us

4 Band Indonesia Paling Berpengaruh yang Berasal dari Surabaya

None - Selasa, 19 Januari 2021 | 16:37
Dara Puspita
Dok. Denny Sakrie

Dara Puspita

HAI-ONLINE.COM - Bayangan mengenai pergulatan musik Surabaya di mata orang awam selalu terikat pada pelabelan musik cadas atau metal, yang membekas sejak era 80-an hingga 90-an awal.

Meskipun memang tidak bisa dipungkiri jika geliat musik keras di skena musik bawah tanah Surabaya memang akan selalu tumbuh dan berkembang sehat hingga saat ini.

Baca Juga: 3 Band Metal Indonesia Berpengaruh yang Berasal dari Ujungberung

Berbekal iklim yang panas, keras, dan ditemani hiruk pikuk mesin kendaraan bermotor khas kota megapolitan, Surabaya juga memiliki sejumlah mutiara terpendam yang untuk menepukan jejak dan arsip mereka layaknya membersihkan noda abu rokok kemeja putihmu.

Tidak hanya metal dan turunannya, HAI akan merangkum 4 band asal Surabaya yang memiliki pengaruh signifikan bagi perkembangan industri musik di Surabaya, Nusantara, pun juga hingga mancanegara. Simak daftarnya berikut:

The Tielman Brothers

The Tielman Brothers
Wikimedia

The Tielman Brothers

Rasanya tidak adil memang jika secara sembrono mengklaim The Tielman Brothers berasal dari Surabaya.

Keluarga Indo-Belanda ini memang lahir dan menghabiskan masa kecil mereka di Kupang, Nusa Tenggara Barat hingga awal tahun 1940-an.

Keluarga Tielman kemudian merantau ke Surabaya, Jawa Timur, letak persis di mana The Tielman Brothers yang kemudian diakui menjadi salah satu pionir band yang mempopulerkan musik rock ke cakupan yang lebih luas.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest