Follow Us

4 Band Indie Indonesia yang Berawal di Institut Kesenian Jakarta

None - Selasa, 12 Januari 2021 | 19:23
Goodnight Electric
Goodnight Electric

Goodnight Electric

HAI-Online.com - Institut Kesenian Jakarta. Dari namanya, bisa dimengerti jika kampus di pusat kota Jakarta ini memiliki ribuan mahasiswa yang gemar untuk berkesenian.

Para alumnus dari kampus ini emamg sudah banyak mematenkan namanya sebagai pendiri ataupun personel dari band-band keren di Indonesia.

HAI mendeskripsikan bahwa gerakan yang dilakukan segelintir pemuda-pemuda nyentrik pada akhir 1990 hingga awal 2000-an adalah salah satu gelombang dan terobosan di industri musik di Indonesia.

Terma ‘Jakarta sound’ adalah penyematan yang tepat untuk terobosan ini karena pemuda-pemuda tersebut berhasil membungkus atmosfer Jakarta ke dalam sebuah karya musik yang awet untuk berada di playlist kalian sampai beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Dari Kampus Naik ke Panggung Besar, Ini 7 Band Indonesia yang Lahir dari Masa Perkuliahan

Salah satu kelebihan utama dari band-band jebolan ini adalah bagaimana mereka kerap memprioritaskan lirik berbahasa Indonesia tanpa ada kesan norak sedikitpun.

Band-band yang lahir pada era ini didominasi oleh angkatan-angkatan lawas dari perguruan seni terkemuka di Cikini, Jakarta Pusat ini.

Berikut kami sajikan daftar band yang sebagian besar mungkin udah familiar, namun tetap patut untuk lo simak ceritanya.

Naif

Naif adalah sebuah ikon dari IKJ dengan gaya retro yang sangat stereotipikal.

Anak-anak kampus IKJ kerap diidentikkan dengan gaya berpakaian dan selera musik yang sama dengan Naif, karena mereka memanglah salah satu pionir band jebolan kampus ini yang berhasil menembus pasar musik Indonesia yang sangat kompetitif.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest