Follow Us

Begini Langkah Mengecek Kuota Siswa SNMPTN 2021 beserta Tahapannya

None - Selasa, 29 Desember 2020 | 17:00
SNMPTN

SNMPTN

HAI-ONLINE.COM - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah mengumumkan kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 sejak Senin (28/12/2020) lalu, mulai pukul 15.00 WIB. Melansir laman LTMPT, Selasa (29/12/2020), menyebutkan bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan siswa kelas XII, baik SMA, SMK, Madrasah Aliyah (MA) atau sederajat dalam mengecek jumlah kuota siswa per sekolah yang bisa ikut SNMPTN 2021. Langkah pertama, setiap siswa bisa membuka website www.ltmpt.ac.id. Setelah itu, siswa bisa membuka menu SNMPTN. Ketika membuka menu SNMPTN, maka ada dua menu pilihan dalam melihat kuota siswa SMNPTN 2021, yakni pencarian berdasarkan lokasi dan pencarian berdasarkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Apabila siswa mencarinya berdasarkan lokasi, maka harus memilih Provinsi dan Kota yang dituju. Setelah itu, maka akan terlihat kuota siswa setiap sekolah yang bisa ikut SNMPTN 2021. Jika mencarinya berdasarkan NPSN, maka kalian harus memasukkan nomor NPSN yang dimiliki. Sehingga memperoleh angka kuota siswa setiap sekolah yang bisa ikut SNMPTN 2021. Dari hasil pencarian di website LTMPT, masing-masing sekolah akan memperoleh kuota berbeda-beda yang bisa ikut SNMPTN 2021. Ketua LTMPT Mohamad Nasih telah mengatakan, kuota masing-masing sekolah berpatokan pada pemenuhan syarat mendaftar SNMPTN 2021. "Kuota itu didasarkan pada data yang diambil dari Pusdatin Kemendikbud per tanggal 23 Desember 2020," jelas Nasih. Nasih mengaku, sekolah juga bisa melakukan perbaikan data. Waktu perbaikan data hingga 15 Januari 2021, pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Kronologi 'Kembalinya' Hammersonic: Sejak Pengumuman Pada 2019, Hingga Kini Ditunda Sampai 2022Adapun cara sanggah dan perbaikan data bisa diakses lewat laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id, tapi dengan menggunakan akun operator sekolah masing-masing. Apabila sudah melakukan perbaikan data, lanjut dia, sekolah harus login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id, dengan menggunakan akun sekolah per tanggal 4 Januari 2021. "Ini untuk verifikasi data sekolah, setelah itu akan terupdate dengan data yang baru," ujarnya. Dia menambahkan, kelengkapan atau kevalidan data dapat dilihat di laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt/. Dia menambahkan, kelengkapan atau kevalidan data dapat dilihat di laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt/.

Adapun SNMPTN 2021 dapat diikuti oleh siswa SMA/ MA/ SMK kelas 12 pada tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul dengan empat syarat. Siswa memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Siswa memiliki NISN dan terdaftar dari PDSS. Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Selain itu, siswa harus memiliki akun LTMPT untuk bisa mengikuti seleksi masuk PTN, baik SNMPTN, UTBK maupun SBMPTN di tahun 2021. Jadwal kegiatan SNMPTN 2021 Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru 2021: 4 Januari 2021. Registrasi Akun LTMPT: 4 Januari - 1 Februari 2021. Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah: 4 Januari - 8 Februari 2021. Pengisian PDSS: 11 Januari - 8 Februari 2021. Pendaftaran SNMPTN: 15 - 24 Februari 2021. Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN: lihat di laman PTN.

Baca Juga: Setelah 'Buayaska', Waiting Room Rilis Album 'Propaganda' dalam Format DigitalTahapan pelaksanaan SNMPTN 2021 Pengumuman kuota siswa tiap sekolah oleh LTMPT. Registrasi akun LTMPT bagi sekolah. Wajib bagi sekolah yang belum punya akun LTMPT untuk melakukan registrasi.

Registrasi akun LTMPT bagi siswa. Wajib bagi semua siswa kelas 12 melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Sekolah menentukan calon peserta. Berdasarkan data LTMPT dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-Pusdatin Kemendikbud atau EMIS-Pendis Kemenag. Pengisian PDSS. Pendaftaran SNMPTN. Pilihan PTN dan Program Studi. Peserta dapat memilih paling banyak dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. Pengunggahan Portofolio. Wajib bagi peserta yang memilih program studi Seni dan Olahraga. Seleksi jalur SNMPTN. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN. Pengumuman kelulusan SNMPTN. Daftar ulang. Sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima. Untuk diketahui, peserta yang lolos SNMPTN 2021 nggak bisa mengikuti UTBK-SBMPTN 2021.

Penulis: Hanif PanduArtikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Langkah dan Cara Mengecek Kuota Siswa SNMPTN 2021"

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular