Follow Us

SNMPTN 2021 Sebentar Lagi, Simak Tahapan Pendaftaran dan Jadwal Kegiatannya

None - Rabu, 16 Desember 2020 | 20:15
SNMPTN

SNMPTN

HAI-ONLINE.COM - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) telah menetapkan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk masuk PTN di tahun 2021.SNMPTN sendiri merupakan jalur seleksi masuk PTN yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa. Menurut Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo, SNMPTN 2021 dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul. Untuk itu, dalam seleksi ini, keputusan siswa untuk dapat mengikuti SNMPTN tidak sepenuhnya bergantung kepada pihak sekolah. "Demi memperlancar proses pendaftaran dan proses seleksi, kalian harus memahami tahapan pendaftaran dan jadwal kegiatan SNMPTN 2021," tutur Budi dalam acara konferensi pers Sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021, Rabu (16/12/2020), seperti dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Rejeki Nomplok, Mahasiswa Indonesia di Taiwan Nemu Laptop Core i7 di Tempat SampahTahapan pendaftaran SNMPTN 2021 Untuk mendaftar di SNMPTN 2021, kalian perlu melewati 11 tahapan yang harus dilalui, meliputi: Pengumuman kuota oleh LTMPT. Kuota ini ditujukan bagi sekolah yang sesuai dengan akreditasi dan jumlah siswa. Registrasi akun LTMPT bagi sekolah. Hal ini wajib bagi sekolah yang belum punya akun LTMPT, sekolah juga harus registrasi melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Registrasi akun LTMPT bagi siswa. Wajib bagi semua siswa kelas 12. Sekolah menentukan calon peserta. Ini berdasarkan data LTMPT dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik Pusdatin kemendikbud atau EMIS-Pendis Kemenag. Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Pendaftaran SNMPTN. Pilihan PTN dan program studi. Setidaknya pendaftar dapat memiliki paling banyak dua PTN. Pengunggahan portofolio. Wajib bagi peserta yang memilih program studi di bidang seni dan olahraga. Seleksi jalur SNMPTN. Ini berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN. Pengumuman terkait kelulusan hasil SNMPTN. Daftar ulang, sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima.Jadwal SNMPTN 2021 Bagi kalian yang akan menjalankan SNMPTN 2021, maka harus mengetahui jadwal seperti di bawah ini: Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru 2021: 4 Januari 2021. Registrasi Akun LTMPT: 4 Januari - 1 Februari 2021. Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah: 4 Januari - 8 Februari 2021. Pengisian PDSS: 11 Januari - 8 Februari 2021. Pendaftaran SNMPTN: 15 - 24 Februari 2021. Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021 Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN: lihat di laman PTN.

Syarat Peserta SNMPTN 2021Ada lima syarat peserta yang bisa mengikuti SNMPTN 2021, sebagai berikut: Siswa memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Siswa memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar dari PDSS. Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Selain itu, siswa harus memiliki akun LTMPT untuk bisa mengikuti seleksi masuk PTN, baik SNMPTN, UTBK maupun SBMPTN. Persyaratan SekolahPersyaratan sekolah Selain persyaratan peserta, sekolah juga harus memenuhi beberapa jumlah persyaratan, yakni: Memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Jumlah siswa yang bisa didaftarkan ditentukan oleh akreditasi sekolah. Budi menambahkan, untuk detil lebih lanjut terkait pendaftaran dan proses seleksi SNMPTN 2021, kalian bisa mengunjungi laman www.ltmpt.ac.id.

Penulis: Hanif PanduArtikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tahapan Pendaftaran dan Jadwal Kegiatan SNMPTN 2021"

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular