Follow Us

Tandai 40 Tahun Berkarya, Fariz RM Rilis Ulang 'Sakura' dalam Format Vinyl

None - Rabu, 16 Desember 2020 | 17:30
Musisi legendaris Fariz RM
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO

Musisi legendaris Fariz RM

HAI-ONLINE.COM - Menandai 40 tahun perjalanan bermusiknya, Fariz RM kembali merilis musik di tahun 2020 ini. Musisi bernama lengkap Fariz Rustam Munaf tersebut merilis ulang album ‘Sakura’ yang dikemas dalam format vinyl atau piringan hitam. Album ini sendiri sebelumnya pertama kali dirilis pada tahun 1980 lalu. Fariz RM bercerita, album vinyl ini bukan sekadar perilisan ulang musik lamanya. Lebih dari itu, ia menganggap album tersebut menjadi titik baru bagi dirinya dalam bermusik. “Perilisan ulang piringan hitam (vinyl) adalah pujian yang luar biasa. Ini adalah periode baru dalam karir saya. Saya merasa seperti dilahirkan kembali,” tutur Fariz dalam keterangan tertulis yang diterima HAI pada Rabu (16/12/2020).

Baca Juga: Tom Cruise Ngamuk ke Kru Film Mission Imposible Karena Acuhkan Protokol KesehatanSama seperti versi 1980-nya, dalam album vinyl ‘Sakura’ tersebut, terdapat sembilan lagu yang terbagi dalam dua side.

Cover depan album vinyl Sakura.
KOMPAS.com/Dok. Musica Studios

Cover depan album vinyl Sakura.

Side 1: 1. Sakura2. Selangkah Keseberang3. (Belenggu) Perjalanan4. Semusim5. Nada Cinta

Side 2: 1. Mega Bhuana2. Suasana (Yang Ada)3. Cermin Noda4. Malam KesembilanSelain menjadi salah satu album yang melambungkan namanya, ‘Sakura’ juga dinilai cukup berpengaruh dalam kancah musik tanah air. Pada tahun 2009, dua lagu di album tersebut masuk dalam jajaran 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone, lewat lagu ‘Sakura’ di urutan ke-9 dan ‘Selangkah ke Seberang’ di urutan ke-121. Vinyl dari album ‘Sakura’ karya Fariz RM sendiri udah bisa didapatkan sejak 11 Desember melalui situs jual beli e-commerce. Selain format vinyl, ‘Sakura’ juga telah tersedia di berbagai platform musik digital.

Penulis: Hanif Pandu

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest